Menag Hadiri Peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara di Surabaya

Surabaya (Kemenag) ----- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menghadiri peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Siwalankerto, Surabaya, Selasa (29/11/2022).

AMN ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, tampak hadir juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Mendikbud Nadiem Makarim, Seskab Pramono Anung, Kepala BIN Budi Gunawan (BG), dan Wagub Jawa Timur Emil Dardak, Kakanwil Kemenag Jawa Timur, Husnul Maram.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan pencanangan pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara Makassar dan Manado.

Walau peresmian AMN Surabaya ini diguyur hujan, prosesi seremonial tetap berjalan khidmat, dan disiarkan juga secara langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Pertahanan Prabowo, Mendikbud Nadiem Makarim, Seskab Pramono Anung, Kepala BIN Budi Gunawan (BG), terlihat mengenakan pakaian berwarna merah dengan tulisan AMN di sebelah kanan dadanya.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, para mahasiswa menyanyikan Mars Asrama Mahasiswa Nusantara. Lalu dilanjutkan dengan penampilan mahasiswa AMN yang berkolaborasi dengan paduan suara dan orkestra STIN.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi sekaligus menyambut baik atas adanya AMN Surabaya. AMN di Surabaya ini telah diisi oleh 410 Mahasiswa dari Sabang sampai Merauke.

"Keberagaman bangsa Indonesia menjadi kekuatan, bukan kelemahan. Kalau kelemahan artinya gampang di adu-adu domba, nggak, ini adalah kekuatan kalau kita bisa kompak, kita bisa rukun dan kita bisa bersatu," tandas Presiden Jokowi.