Daerah

Menag Lantik 15 Pejabat Eselon II Pusat dan Daerah

Menag Lukman menyaksikan para pejabat eselon II yang baru dilantik menandatangani SK Pelantikan. (foto: boy azhar)

Menag Lukman menyaksikan para pejabat eselon II yang baru dilantik menandatangani SK Pelantikan. (foto: boy azhar)

Jakarta (Pinmas) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melantik 15 pejabat eselon II Pusat dan Daerah, yaitu: satu sekretaris direktorat, dua orang direktur, satu kepala pusat, delapan Kepala Kanwil Kemenag, dua Kepala Biro UIN/IAIN, dan satu Ketua STAIN. Seremonial pelantikan digelar di Operation Room, Gedung Kemenag, Lantai II, Jakarta.

Kepada pejabat yang dilantik, Menag mengingatkan bahwa tidak ada jabaan yang abadi karena sewaktu-waktu bisa berhenti atau diganti. "Tetapi karakter, sifat amanah, kejujuran, kebersahajaan, tanggung jawab dan akhlak mulia dari seorang pejabat, akan membekas dan dikenang," terang Menag, Senin (10/10)

"Jangan nodai jabatan yang tak kekal ini dengan kecurangan, kesewenang-wenangan terhadap bawahan atau rekan kerja. Berperilakulah amanah," tambahnya.

Menag meminta para pejabat yang dilantik segera beradaptasi dengan lingkungan barunya. Menurutnya, tidak boleh ada istilah masih baru, ketika seorang pejabat ditanya mengenai masalah yang menjadi tanggungjawabnya. Setiap pejabat harus memiliki leadership yang baik, selalu belajar, cermat dan mampu menggerakkan kinerja pelayanan organisasi secara berkualitas.

"Pemimpin tidak boleh mengalami sindrom rabun dekat atau rabun jauh dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang telah diamanatkan," imbuhnya.

Menag minta, setiap pejabat dapat membuat dan merumuskan program kerja berdasarkan skala prioritas di tengah keterbatasan anggaran, memaksimalkan keterlibatan pemangku kepentingan, serta dapat memproyeksikan dampak jangka pendek, menengah dan panjang setiap program.

"Pejabat harus menguasai substansi, urgensi dan konjungsi terkait dengan fungsi perumusan kebijakan, fungsi manajerial dan pelayanan birokrasi. Dalam arti, paham 'untuk apa' suatu program dan kegiatan diadakan, 'bagaimana' cara mengimplementasikan nya, 'pihak mana' yang harus terlibat dan dilibatkan, 'target apa' yang hendak dicapai, serta 'apa manfaatnya' bagi masyarakat," ujar Menag.

Berikut ini daftar nama 15 pejabat yang dilantik oleh Menag:
1. Dr Mastuki MAg, sebagai Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat, Setjen
2. Dr Imam Safe’i, sebagai Direktur Pendidikan Islam, Ditjen Pendis
3. Drs Supriyati, MPd, sebagai Direktur Urusan Pendidikan Agama Buddha, Ditjen Bimas Buddha
4. I Made Sutresna MA, sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Bimas Hindu

5. Drs Ahmad Supardi MA, sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Riau
6. Drs Bustasar MPd, sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu
7. Drs Farchani, MM sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah
8. Drs Noor Fahmi MM sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan

9. H Suriyansah MPd, sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Utara
10. I Nyoman Lastra, MAg, sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Bali
11. HM Alfajri Jabidi MM, sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan
12. Drs HA Bazari, MPdI, sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Banten

13. Drs H Adnan MAg, Sebagai Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja sama Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
14. Drs H Yasrizal, Sebagai Kepala Biro AUAK IAIN Batusangkar
15. Dr H Mohammad Kosim, MAg, Sebagai Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Periode 2016-2020

Turut hadir dalam pelantikan ini, sejumlah pejabat eselon 1 dan 2 Kemenag pusat. Sekjen Kemenag Nur Syam dan Irjen M Jasin didapuk sebagai saksi. (G-penk/mkd/mkd)

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua