Menag Minta Kepuasaan Publik dan Integtritas ASN Berjalan Linear      

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta segenap keluarga besar Kementerian Agama untuk senantiasa menjaga keseimbangan peningkatan layanan publik dengan semangat integritas.

Harapan ini disampaikan Menag Yaqut Cholil Qoumas saat membuka rangkaian peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-76 di halaman Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat Jakarta. 

"Akhir-akhir ini survei kepuasan publik terhadap Kementerian Agama kian membaik. Dan ini tidak mungkin bisa terwujud tanpa semangat yang sama dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan umat beragama tanpa mengistimewakan satu agama dengan agama yang lainnya," kata Menag, Kamis (16/12/2021).

"Beberapa waktu lalu saya menerima survei integritas dari KPK di mana Kementerian Agama menduduki ranking 58 dari 85 kementerian/ lembaga yang disurvei. Ke depan saya berharap kepuasaan publik dengan integritas dapat berjalan linear di mana tingkat kepuasan publik tinggi dan integritas juga tinggi," sambung Menag.

Dijelaskan Menag, setahun ditugaskan Presiden Joko Widodo, ia pernah menyampaikan dan menginginkan Kementerian Agama menjadi kementerian milik semua agama atau tidak identik dengan satu agama saja. 

"Alhamdulillah selama setahun belakangan ini apa yang kita inginkan tentang Kementerian Agama milik semua agama sudah mulai terlihat, setidaknya melalui survei kepuasan publik. Saat ini kita sedang dan terus mencari cara bagaimana integritas Kementerian Agama juga meningkat. Tentu ini tidak akan tercapai bila saya dan wakil menteri saja yang bekerja. Ini perlu sinergi dan kerja sama dari segenap ASN Kemenag agar apa yang kita inginkan tercapai," tandas Menag.

Ia menambahkan, agama harus menjadi bagian inspirasi bagi ASN Kemenag, khususnya dalam memberikan pelayanan. Agama itu selalu membawa ajaran yang baik, universal, kesetaraan, integritas, dan kejujuran. 

"Mari kita bangun nilai-nilai agama dalam memberikan pelayanan kepada publik. Saya mengusulkan dalam rangkaian kegiatan HAB ini ada kegiatan yang bisa menunjukkan Kementerian Agama itu berintegritas. Jadi jangan sekadar kegiatan serimonial saja. Selamat memulai rangkaian kegiatan HAB ke-76. Mudah-mudahan ini menjadi semangat baru dan terbarukan dalam meningkatkan prestasi dan kinerja kita," harap Menag.
 
Hadir dalam pembukaan rangkaian kegiatan HAB ke-76, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saa'di, Sekjen Kemenag Nizar, para Dirjen, staf ahli, staf khusus dan tenaga ahli Menag. Tampak juga Penasihat DWP Kemenag, Ketua DWP Kemenag dan jajaran serta ASN perwakilan dari unit eselon I dan biro di lingkungan Kementerian Agama.

Kepala Biro Umum Setjen Kemenag sekaligus Ketua Panitia HAB ke-76 Fesal Musaad mengatakan, pembukaan kegiatan Hari Amal Bhakti ke-76 Kementerian Agama Tahun 2022 dilaksanakan secara luring dan daring.

Menurutnya, usia 76 ini menjadi momentum seluruh keluarga besar Kementerian Agama untuk  merefleksikan diri dengan bersyukur atas anugerah yang diberikan Tuhan untuk mengabdi dan melayani umat melalui kementerian ini.

"Tujuan dari seluruh kegiatan HAB ke-76 adalah membangkitkan semangat dan kesadaran aparatur Kementerian Agama agar tetap sehat untuk melayani umat sesuai tegline HAB ke 76 yaitu Transformasi Layanan Umat," kata Fesal Musaad.

Dikatakan Fesal Musaad, ada delapan rangkaian kegiatan dalam menyambut HAB ke-76 Kementerian Agama. Di antaranya donasi peduli erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, pengukuran kebugaran tubuh ASN kerja sama Kemenag dan Kemenkes, serta Bhakti Sosial. Ada juga kegiatan olahraga, antara lain tenis meja, bulu tangkis, futsal, bolla voli, dan tarik tambang,.

"Kegiatan olah raga ini adalah spirit untuk terus sehat, bugar di masa pandemi Covid-19 saat ini. Begitu juga dengan ziarah ke makam para pendahulu Kementerian Agama oleh seluruh Kanwil dan Perguruan Tinggi Keagamaan, upacara bendera HAB ke 76 pada 3 Januari 2022 serentak di seluruh satuan kerja, Malam Tasyakuran HAB ke 76 dan Penguatan Moderasi Beragama," ujarnya.

Rangkaian kegiatan HAB ke-76 diawali dengan senam bersama dilanjutkan dengan pengukuran kebugaran tubuh ASN kerja sama Kemenag dan Kemenkes.