Internasional

Menag Sampaikan Aspirasi Jemaah terkait Zamzam ke Menteri Haji

Menag melepas jemaah SOC 2

Menag melepas jemaah SOC 2

Jeddah (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku telah mendiskusikan banyak hal dengan Menteri Haji dan Umrah Saudi Tawfiq F Al Rabiah terkait perbaikan layanan haji mendatang. Diskusi itu antara lain berkenaan penambahan fasilitas toilet perempuan serta kesesuaian antara kenaikan biaya haji dengan peningkatan layanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Hal lain yang disampaikan Menag adalah tentang air Zamzam. Kepada Menteri Tawfiq, Menag sampaikan aspirasi jemaah haji Indonesia tentang perlunya penambahan air Zamzam.

"Kita sudah sampaikan ke Menteri Haji Saudi terkait Zamzam. Sebab, Indonesia berbeda dengan negara lain. Ketika pulang ke tanah air, jemaah haji Indonesia menerima banyak tamu seperti muktamar akbar. Kalau hanya 5 liter air Zamzam, kurang," ujar Menag usai melepas kepulangan kloter 2 Embarkasi Solo (SOC 2) di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Jumat (15/7/2022).

Menag berharap, ke depan jemaah haji Indonesia bisa mendapat lebih banyak air Zamzam ketika pulang ke Tanah Air. "Beliau (Menteri Tawfiq) bilang, kita akan pikirkan. Ini juga akan dibahas dalam _taskforce_," jelas Gus Men, panggilan akrabnya.

Jemaah haji Indonesia pada sekitar sepuluh tahun terakhir hanya menerima lima liter Air Zamzam. Oleh-oleh ini dibagikan kepada jemaah haji setibanya di Asrama Haji Pondok Gede. Bersamaan itu, jemaah dilarang membawa air Zamzam karena alasan keamanan penerbangan.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Boy Azhar

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua