Menag Tantang Madrasah Kalahkan Prestasi MAN IC Serpong

Serpong (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi prestasi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong menjadi yang terbaik dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021, baik sekolah maupun madrasah.

UTBK ini digelar Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kemendikbud. Apresiasi ini diberikan dalam bentuk piagam penghargaan.

Menag Yaqut berharap, UTBK tahun depan akan semakin banyak madrasah, khususnya MAN IC, yang mendapat capaian terbaik. "MAN IC lainnya jangan mau kalah. Kalau sekarang terbaik UTBK adalah MAN IC Serpong, besok ranking 1 sampai 23 harus MAN IC di seluruh nusantara," terang Menag saat menghadiri Tasyakuran Milad ke-25 MAN IC Serpong di Serpong, Selasa (5/10/2021).

"Saya yakin ini bisa dilakukan karena MAN IC semangatnya sama," sambungnya.

Saat ini, tercatat ada 23 MAN IC di seluruh Indonesia. Selain MAN IC Serpong, ada MAN IC Gorontalo yang berada pada ranking 25 UTBK Nasional 2021. Kedua MAN IC ini adalah yang didirikan pada fase awal.

"MAN IC Serpong lahir terlebih dahulu. Jangan terlena. Prestasi bukan soal balapan karung, lari duluan finis duluan. Kalau terlena, bisa disalip MAN IC lainnnya. Dan saya berharap itu bisa terjadi," pesan Menag.

"Kalau hari ini MAN IC Serpong dapat hibah tanah 5,7 Ha dari Pemkot Tangsel, MAN IC lainnya harus ngiri. Dekati Bupati dan Walikota untuk bisa mendapat hibah tanah juga. Urusan pembangunan, biar dipikirkan oleh Dirjen Pendidikan Islam," sambungnya.

Menag mengaku sudah mendapat usulan pembangunan dari Kepala MAN IC Serpong. Menag berharap usulan itu bisa ditindaklanjuti Ditjen Pendidikan Islam. 

"Prestasi harus dibarengi dengan sarana yang tidak kalah membanggakan," tegas Menag.

Hadir dalam kesempatan ini, Walikota Tangsel Benyamin Dafnie, Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani, Direktur GTK Madrasah Muhammad Zain, Kakanwil Kemenag Banten Nanang Fathurahman, serta Plt Karo Humas, Data, dan Informasi Thobib Al Asyhar.