Menanti Kepulangan, Jamaah Berumroh dan Thawaf Sunah

PIKDA, 20/01  Makkah - Jamaah haji dari seluruh dunia telah berangsur kembali ke negara masing-masing. Sebagian lagi menuju kota Madinah. Tetapi, Masjidil Haram masih padat oleh jamaah yang ingin mengisi waktu sebelum kepulangan dengan melaksanakan umroh maupun thawaf sunah.

Di kawasan Masjidil Haram, sejak pagi hari sudah banyak jamaah berpakaian ihrom warna putih berdatangan ke masjid tersebut. Begitu pula di lokasi pemondokan, jamaah telah mempersiapkan diri dengan pakaian ihrom menunggu mobil omprengan atau pun taksi di tepi jalan, mereka hendak menuju ke tempat miqat di Tan`im. Begitu sampai di Tan`im jamaah menuju ke Masjid Tan`im atau Masjid Jaronah, shalat sunah dua rakaat dan berniat umroh dan menuju Masjidil Haram.

Kepadatan masih terasa di Masjidil Haram. Lingkaran thawaf penuh sesak, hampir tidak ada celah sedikitpun karena saking banyaknya jamaah. Maklum, saat itu ada jamaah yang hendak berthawaf wada(perpisahan) sebelum meninggalkan kota suci Makkah, ada yang berthawaf sunah dan ada yang berthawaf umroh sunah. Semakin siang makin banyak jamaah datang untuk ke masjid. Karena tidak ingin berdesakan, sebagian jamaah memilih untuk melaksanakan thawaf di lantai dua bahkan lantai atap meski jarak kelilingnya menjadi lebih jauh.

Usai thawaf sebanyak tujuh putaran, jamaah melaksanakan shalat sunah dua rakaat di belakang maqam Ibrahim dan dilanjutkan berdoa di sana. Bagi yang berumroh sunah, selesai itu lantas dilanjutkan minum air Zamzam dan sai sebanyak tujuh putaran antara Bukit Shafa dan Marwah serta tahalul. mch/pur(Repbluka)/myd