Nasional

Mengintip Fasilitas Kamar Hotel Jemaah di Makkah

Fasilitas Kamar Jemaah

Fasilitas Kamar Jemaah

Makkah (Kemenag) – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi terus meningkatkan layanan terbaik bagi jemaah haji. Salah satu layanan yang diperoleh jemaah adalah hotel tempat jemaah selama berada di Makkah.

Menjelang kedatangan jemaah haji dari Madinah Mekkah, tim Media Center Haji (MCH) meninjau kondisi kamar di Hotel safwat Al shroq yang berada di Kawasan Raudah dan menjadi wilayah Sektor 3. Hotel-hotel yang berada di Kawasan Raudah termasuk Hotel safwat Al shroq tersebut akan ditempati oleh jemaah yang berasal dari embarkasi Medan, Palembang, Jakarta, dan Jakarta-Lampung serta Banda Aceh.

Kamar-kamar yang berada di Hotel Safwat Al shroq rata-rata dapat diisi oleh 3-4 jemaah dengan kasur empuk, kamar mandi yang bersih dilengkapi shower, wastafel, dan toilet yang nyaman.

Selain lemari, setiap kamar juga dilengkapi televisi, dan kulkas yang bisa menyimpan minuman dan buah-buahan agar tetap segar dikonsumsi.

Kepala Sektor 3 Muslim Lubis mengatakan, secara umum seluruh hotel yang berada di Sektor 3 sudah siap ditempati jemaah. “Akomodasi di sektor 3, Alhamdulillah sudah siap terdiri dari 6 lokasi, yaitu hotel 301, 302, 303, 304, 305 dan 306,” kata Muslim di Makkah, Sabtu (11/06/2022).

“Semua hotel sudah kita cek oleh tim yang kita bagi atas tiga tim. Insya Allah persiapan sudah hampir 90 persen,” sambungnya.

Di setiap lantai, tersedia mesin cuci yang bisa digunakan jemaah, seluruhnya dalam kondisi siap pakai. Menurut Muslim, kondisi lift sudah diperiksa agar seluruhnya dipastikan dapat digunakan jemaah termasuk cek lampu-lampu kamar yang sejauh ini kondisinya baik.

"Karena seluruh akses masuk kamar menggunakan kunci elektronik berupa sejenis kartu, saya mengimbau para jemaah untuk menitipkan kuncinya di resepsionis saat meninggalkan hotel, semata-mata agar tidak hilang,” imbau Muslim.

Sejumlah hotel disiapkan PPIH Arab Saudi Daerah Kerja Mekkah yang tersebar di 5 sektor, yaitu: Sektor 1 Mahbas Jin sebanyak 6 hotel yaitu Swis Bel Hotel, Arkan Bakkah 1, Arkan Bakkah 2, Dar Ummul Qura Golden, Safwat Al Bait 1, Bab Al Multazam

Di sektor 2, Syisyah sebanyak 12 hotel yaitu Tharawat Al Taqwa, Snood Al Jawharah, Shafa Al Murjan, Ya'kub Bek Al Quqandi, Surra Man Ro'a, Al Khulafaa Hotel 2, Sultam Hotel, Al Khulafaa Hotel 3, Basharahil Plaza, Imarah Ubaidillah, Maheil Hotel,Faishal Al Qurashi.

Sektor 3 Raudhah sebanyak 6 hotel yaitu Al Lu'luah Hotel, Retaj Al Rayyan, Tharawat Al Rawda 2, Safwat Al Shroq, Winar Hotel, As Saqreya Tower. Sektor 4, Jarwal sebanyak dua hotel yaitu Al Kiswah Tower dan Al Faiha Palace.

Dan Sektor 5 Misfalah sebanyak 14 hotel yaitu Mayar Muyassar, Malak Al Safwa, Manazil Al Hour 2, Rose Garden, Rizq Palace, Abeer Al Fadila, Al Khalil Hotel, Tharawat Al Khalil,Makrem Diyafah Al Bait, Su'ad Palace, Dar Hasan, Durat Rahaf, Durat Asma', Tharawat Al Misfalah


Editor: Dodo Murtado
Fotografer: Dodo Murtado

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua