Miliki Delapan Jurnal Terakreditasi Nasional, UIN KHAS Jember Siapkan Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi

Jember (Kemenag) --- Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS) telah memiliki delapan jurnal terakreditasi Sinta. Selanjutnya, UIN KHAS segera menyiapkan Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi.

Proses ini dibahas bersama dalam kegiatan Manajemen Pengelolaan Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi. Acara ini digelar oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M). Hadir sebagai narasumber, Rektor UIN Salatiga yang juga Editor in Chief International Journal of Islam and Mulim Societies (IJIMS), Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy.

Wakil Rektor bagian Akademik dan Lembaga UIN KHAS Jember Miftah Arifin mengungkapkan bahwa capaian tersebut perlu disyukuri. Namun, pihaknya meminta agar tidak berhenti pada prestasi itu semata. Miftah Arifin berharap, seluruh jurnal di lingkungan UIN KHAS Jember dapat terakreditasi Sinta 2 dan selanjutnya dapat terindeks Scopus.

“Capaian hari ini perlu kita syukuri. Target ke depan harus disiapkan dengan baik dan matang. Karena itu, kita perlu persiapan panjang dan harus banyak belajar pada kampus-kampus lain, termasuk kepada UIN Salatiga yang memiliki jurnal IJIMS sebagai jurnal garda depan pada skala internasional,” ungkap Miftah Arifin saat membuka kegiatan, Jumat (10/6/2022) di Ruang Rapat Lantai II Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Zainal Abidin mengungkapkan, bahwa pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk menggali ilmu tentang pengelolaan jurnal ilmiah internasional bereputasi. Dikatakan Zainal, dalam mengelola jurnal, banyak tantangan yang dihadapi.

“Kami menghadirkan Editor in Chief IJIMS untuk menggali pengalaman serta strategi mulai dari awal penerbitan hingga saat ini mendapat predikat The Best Quartile 1 (Q1) untuk bidang religious studies. Pengalaman dan strategi itu perlu kami contoh untuk dapat meningkatkan mutu dan akreditasi jurnal di lingkungan UIN KHAS Jember”, terang Zainal Abidin.

“Kami juga belajar kepada IJIMS tentang input naskah, membangun kinerja tim, termasuk juga menggaet International Advisory Editorial Boards. Semoga langkah menyiapkan jurnal internasional bereputasi dapat berjalan dengan baik”, tambah Zainal Abidin.

Kepala Pusat Penelitian LP2M UIN KHAS Jember Wildani Hefni mengungkapkan, beberapa kegiatan di Pusat Penelitian diarahkan pada penguatan publikasi ilmiah di lingkungan UIN KHAS Jember.

“Kegiatan kami rancang dalam penguatan publikasi ilmiah. Kami menyelenggarakan beberapa event internasional dengan menghadirkan narasumber dari luar negeri yang juga bertujuan untuk meminta kesediaan mereka menjadi reviewer pada jurnal-jurnal di lingkungan UIN KHAS Jember”, ungkap Wildan.

Hadir dalam kegiatan ini, Dekan Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora M. Khusna Amal, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Mukni’ah, Ketua Rumah Jurnal Miftakhul Huda, para pengelola jurnal di lingkungan UIN KHAS Jember, serta tim LP2M UIN KHAS. 

Sebagai informasi, delapan jurnal di lingkungan UIN KHAS Jember yang telah terakreditasi, antara lain jurnal Islamika Inside (S3), jurnal Al-Adalah (S4), jurnal An-Nisa (S4), jurnal Fenomena (S5), jurnal Al-Hikmah (S5), jurnal Leaderia (S5), Al-Adabiyah (S5), dan Indonesian Journal of Islamic Communication-IJIC (S5).