MTsN 1 Pati Raih 103 Medali International Science Mathematic Olympiad

Pati (Kemenag) --- Setelah sabet 35 medali tingkat internasional di ajang Asian Mathematic Competition minggu lalu, kini siswa MTsN 1 Pati kembali borong 103 medali di ajang International Science Mathematic Olympiad. Ajang ini berlangsung secara online pada 30 Januari 2022.

Pemenang diumumkan hari ini. Medali yang diraih tim MTsN 1 Pati terdiri atas 69 emas, 19 perak, dan 15 perunggu.

Jumlah ini merupakan medali terbanyak yang diperoleh siswa, mengalahkan raihan negara-negara peserta lainnya, yaitu: Amerika Serikat, Cina, Hongkong, Vietnam, India, Iran, Laos, Myanmar, Thailand, dan Malaysia.

Kepala MTsN 1 Pati Musyafak bersyukur atas keberhasilan para siswanya di ajang Olimpiade Internasional. Syafak mengucapkan terima kasih kepada para pejuang medali, guru pembimbing, serta wali siswa yang telah memberikan dukungan penuh.

“Terima kasih kepada anak-anakku para pejuang medali, para guru pembimbing, dan para wali. Tanpa peran serta wali siswa dan bimbingan dari para guru, siswa kami tidak mungkin mendapatkan prestasi gemilang tersebut. Semoga anak-anak ini nantinya benar-benar menjadi anak yang mandiri dan berprestasi,” tegasnya di Pati, Jumat (11/2/2022).

Syafak menyebutkan, di samping dikukuhkan sebagai Madrasah Riset berdasarkan SK Dirjen Pendis, MTsN 1 Pati merupakan satu-satunya Madrasah Unggulan Bidang Akademik di Kabupaten Pati. Baru-baru ini, MTsN 1 Pati juga memperoleh anugerah sebagai Madrasah/Sekolah Adiwiyata. Syafak berharap seluruh stakeholder madrasah mampu menyadari posisi MTsN 1 Pati yang penuh dengan prestasi dan penghargaan.

“Harapan kami, ke depan MTsN 1 Pati benar-benar menjadi Madrasah Uswatun Hasanah yang istiqamah tetap unggul mendunia,” pungkasnya.

Ahsanu Amala, salah satu siswa peraih medali, mengucapkan rasa syukur dan senang karena berhasil mendapat tiga medali sekaligus dalam ajang tingkat internasional. Ketiga medali tersebut berupa dua medali emas bidang Matematika dan Sains level Junior High School, serta medali perunggu bidang Matematika level Senior High School.

"Alhamdulillah, perasaan saya sangat senang dan bangga dapat memperoleh tiga medali sekaligus di Olimpiade tingkat internasional,” ucapnya.

Ia juga mengungkapkan jika kompetisi ini sangat menantang. Pasalnya, semua soal yang disajikan berbahasa Inggris. “Lomba ini sangat menantang karena semua soal menggunakan bahasa Inggris. Jadi, selain menguasai cabang mata pelajaran yang diikuti, kita juga harus menguasai bahasa Inggris,” imbuhnya. 

Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada pihak MTs N 1 Pati dan guru pembimbing olimpiade yang senantiasa memberikan kesempatan dan dukungan penuh kepada para siswa dalam mengikuti berbagai event, baik tingkat nasional maupun internasional. “Terima kasih kepada MTsN 1 Pati dan guru pembimbing yang telah memberikan kesempatan dan selalu mendukung kami,” ungkap Ahsanu.

Kurang dari dua bulan, MTsN 1 Pati telah berhasil mengumpulkan sebanyak 2.942 medali, 139 di antaranya tingkat internasional, 2.717 tingkat nasional, dan 86 tingkat provinsi. Hal ini disampaikan oleh Itsnaini Munjiyatul Fadlilah, guru pembimbing sekaligus Sie Olimpiade. Itsnaini juga mengapresiasi semangat guru pembimbing dan anak-anak yang tak pernah lelah mengikuti beragam event.

“Alhamdulillah, antusiasme anak-anak dalam mengikuti kompetisi sangat luar biasa. Selain itu, tim pembimbing juga sangat aktif dan solid dalam membimbing siswa. Semoga ke depan kami lebih baik lagi dalam membimbing anak-anak meraih prestasi, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional,” pungkasnya.