Internasional

MTsN 1 Pati Raih 19 Medali International Youth Science Olympiad

MTsN 1 Pati

MTsN 1 Pati

Pati (Kemenag) --- Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pati meraih 19 medali pada International Youth Science Olympiad (IYSO). Informasi ini diumumkan pada Sabtu, 21 Mei 2022.

IYSO diselenggarakan oleh Imperial Academy pada 15-18 Mei 2022. Ajang ini diikuti 1.080 peserta dari berbagai negara. Ada 11 kategori lomba, yaitu: Science Elementary, Mathematics Elementary, English Elementary, English Junior High School, Mathematics Junior High School, Science Junior High School, Mathematics Junior High School, English Senior High School, Mathematics Senior High School, Physics Senior High School, Biology Senior High School, dan Chemistry Senior High School.

Salah satu peraih medali emas adalah Hafidz Ulumuddin Karim. Dia juga berhasil masuk lima besar International Youth Science Olympiad (IYSO).

Menurut Hafidz, panggilan akrabnya, dia berhasil memperoleh gold medal kategori English Junior High School IYSO. “Alhamdulillah, kemarin saya telah mendapatkan gold medal mapel bahasa Inggris dalam ajang International Youth Science Olympiad (IYSO),” ujarnya di Pati, Minggu (22/5/2022).

"Saya menempati peringkat ke 5 dari seluruh peserta dan menempati peringkat pertama untuk peserta Indonesia," sambungnya.

Hafidz mengatakan, ajang internasional ini sangat menantang karena pesertanya berasal dari berbagai negara. “Setelah pengumuman kemarin, saya masuk lima besar. Alhamdulillah, MTsN 1 Pati dapat bersaing dengan beberapa sekolah dari luar negeri, seperti India, Hongkong, Philipines, Myanmar, Iran, Thailand, Laos, dan Sri Lanka,” jelasnya.

Atas raihan prestasi ini, Hafidz berterima kasih kepada para guru pembimbing dan MTsN 1 Pati. Ia berharap, ke depan MTsN 1 Pati dapat memperoleh banyak prestasi di tingkat internasional. “Terima kasih untuk guru-guru pembimbing dan MTsN 1 Pati karena dapat membimbing saya sampai sekarang sehingga saya mampu berprestasi di tingkat internasional. Harapan saya ke depannya, semoga MTsN 1 Pati bisa lebih banyak mendapatkan medali internasional,” imbuhnya.

Selain Hafidz, beberapa siswa MTsN 1 Pati juga berhasil merebut medali dari berbagai bidang kategori, yaitu English Junior High School, Mathematics Junior High School, Science Junior High School, dan Chemistry Senior High School. Total medali yang diraih MTsN 1 Pati mencapai 19, terdiri atas 6 emas, 1 parak, dan 12 perunggu.

Para siswa yang memperoleh medali kategori English Junior High School, yaitu: Fabriansyah Nur Wahyu (emas), Aimar Ikhwan Zen (emas), Miftakhul Khoirul Anam (emas), Nur Syifa Anggraeni (emas), dan Panji Bagus Santoso (perunggu). Untuk kategori Mathematics Junior High School, yaitu Nur Syifa Anggraeni (emas), Qurrotunnazwa Herdiansyah (perunggu), Jihan Lestari (Perunggu), dan Muhammad Husnan Nafi’ (perunggu).

Di bidang Science Junior High School, yaitu: Fabriansyah Nur Wahyu (perak), Wahyuni Zahra Ekawati (perunggu), Salma Aura Fathania (perunggu), Panji Bagus Santoso (perunggu), Aimar Ikhwan Zen (perunggu), Ilham Ahmad Fahrur (perunggu), Durrotun Asyifa Baizurman (perunggu), dan Fayruz Zaky Nararya Muttaqin (perunggu). Selain itu, terdapat satu siswa yang berhasil memperoleh medali perunggu kategori Chemistry Senior High School, yaitu Nur Syifa.

Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, mengungkapkan rasa bangga kepada anak didiknya yang telah berhasil memborong 19 medali di ajang internasional. “Alhamdulillah, siswa-siswa kami berhasil memborong 19 medali tingkat internasional. Kami bangga dengan kalian,” ucap Syafak.

Ia juga berpesan agar para siswa MTsN 1 Pati tetap semangat berprestasi dan selalu bersyukur apapun prestasi yang telah diraih. “Jangan malu untuk berprestasi, tetap kita syukuri, agar mendapat nikmat Illahi Robbi,” pesannya. (TiM)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua