MTsN 9 Bantul Sabet Prestasi “Pesilat Terbaik Putra” dan 10 Medali Silat Nasional

Bantul (Kemenag) --- Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Bantul (MTs N 9 Bantul) berhasil mengukir prestasi pada Kompetisi Silat Magelang Champ yang digelar di Gor Samaptha Magelang, Senin (30/05/2022). Adalah Muhammad Rizky Destian, siswa kelas VIII C MTs N 9 Bantul yang berhasil meraih predikat Pesilat Terbaik Putra dalam ajang silat tingkat nasional tersebut. 

Rizky mengaku senang atas prestasi yang diraihnya. Ia mengaku telah menggeluti pencak silat semasa duduk di bangku sekolah dasar. Tapi ia tidak lanjut menekuni, karena merasa kurang percaya diri dengan kemampuannya. 

Awal Februari 2022, Rizky kembali menemukan kepercayaan dirinya dan bergabung bersama pencak silat MTsN 9 Bantul. Bagi Rizky, kini pencak silat menjadi wadah untuk mengembangkan minatnya. Berkat kegigihan berlatihnya, Rizky kembali diganjar prestasi.

“Dukungan dan semangat yang diberikan tim saat latihan dan bertanding adalah energi saya dalam meraih prestasi,” tutur Rizky.

Sebelumnya, pada bulan Maret 2022, Rizky berhasil merebut medali emas pada Bengawan Solo National Open Championship 2022. Ia mengatakan bahwa latihan dan doa menjadi pegangan ketika menghadapi lawan. 

Selain Rizky, sembilan siswa lain turut menyumbang 10 medali dalam ajang Kompetisi Silat Magelang Champ 2022.  Capaian ini amat diapresiasi Kepala MTSN 9 Bantul Nur Hasanah Rahmawati. 

Menurutnya, para atlet kebanggaan MTsN 9 Bantul menempa diri di atas matras tanpa kenal lelah. Tidak hanya melatih fisik, Atik, sapaan akrab Kepala MTsN 9 Bantul pun menuturkan jika atlet-atletnya juga melatih teknik-teknik pencak silat, seperti tendangan, bantingan, dan guntingan.

“Hampir setiap sore siswa-siswi jatuh bangun di atas matras. Prestasi ini merupakan hasil jerih payah tim pencak silat. Selamat!” ucap Atik.

Atik mengaku bangga dan berkomitmen untuk terus mendukung siswa-siswi mengembangkan diri di bidangnya masing-masing. Hal ini sesuai dengan komitmen MTsN 9 Bantul yang akan terus memberikan dukungan kepada semua siswa pada minat dan bakatnya masing-masing.

“Apa pun minat dan bakatnya, kami siap mendukung penuh prestasi siswa,” tegas Atik.

Sementara pelatih Tim Silat MTs N 9 Bantul Amannasrullah Amin dan Khusen Muzakki, mengungkapkan bahwa para atletnya telah mengikuti latihan intensif dan terpadu jelang pertandingan. "Mereka mengikuti latihan intensif setiap Selasa, Rabu, Kamis sore, dan Minggu pagi. Berkat latihan terpadu ini, MTsN 9 Bantul berhasil unjuk gigi pada ajang pencak silat nasional di Magelang tersebut," ungkap Amannasrullah.

Berikut daftar nama siswa MTS N 9 Bantul yang berhasil meraih prestasi pada Kompetisi Silat Magelang Champ:

1.  Hafiz Izza Novarianto (VIII A) meraih Juara 1 Kelas J Putra, 
2. Kharisa Nur Hidayati (VIII E) meraih Juara 1 Kelas C Putri, 
3. Rizky Destian (VIII C) meraih Juara 2 Kelas K Putra, 
4. Harjuna Ja’adi Yudhayana (VII C) meraih Juara 2 Kelas H Putra, 

5. Fawzia Nabila Putri Zaskia (VIII D) meraih Juara 2 Kelas D Putri, 
6. Sofia Nuralia (VII E) meraih Juara 3 Kelas E Putri, 
7. Adinda Putri Sholekhah (VIII D) meraih Juara 3 Kelas I Putri, 
8. Musthofa (VII A) meraih Juara 3 Kelas E Putra, 
9. Haikal Abid Abisha (VII E) meraih Juara 3 Kelas D Putra, dan 
10. Nadiatul Khusna (VII A) meraih Juara 3 Kelas F Putri. 

(and)