Optimalkan Layanan Pasca Revitalisasi, KUA Perlu Acces Point Jaringan Internet

Mamuju (Kemenag) --- Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) menjadi program prioritas Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Digulirkan pada 2021, progran ini sudah menyasar 106 KUA, salah satunya KUA Kecamatan Mamuju.

Salah satu upaya peningkatan layanan dalam Revitalisasi KUA adalah penyediaan jaringan internet. “Kami sangat berterimakasih atas layanan internet yang diberikan oleh Kementerian Agama Pusat, sangat membantu untuk memberikan layanan yang lebih baik bagi masyarakat,” kata Kepala KUA Kecamatan Mamuju, Ilhamuddin, saat ditemui Tim Monitoring di kantornya,  Mamuju, Rabu (7/8/2022).

Namun demikian, Ilhamuddin menyampaikan bahwa jaringan internet yang diberikan Kemenag Pusat dirasa masih kurang dan belum maksimal. Sebab, belum ada acces point.

“Fasilitas internet yang diberikan, baru router wifi dan modem router. Jadi kami tetap menggunakan modem yang lama untuk jaringan wifi. Semoga tahun depan Kemenag Pusat bisa memberikan acces point untuk wifi nya,” sambung Ilhamuddin didampingi Plh Kankemenag Mamuju, Usman.

Plh Kankemenag Mamuju, Usman menyampaikan bahwa program revitalisasi ini merupakan upaya Kementerian Agama dalam mewujudkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat.

Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Sulbar, Muhammad Dinar Faisal menjelaskan bahwa program revitalisasi KUA yang digulirkan oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas sangat dirasakan oleh masyarakat Sulawesi Barat.

“Jaringan internet ini harus dapat dimanfaatkan dan dikelola secara maksimal untuk menunjang tugas dan fungsi Kantor Urusan Agama (KUA),” tandas Muhammad Dinar Faisal.