Pandemi, MTsN 3 Jombang Kembangkan Aplikasi Kantin Sehat Milenial

Jombang (Kemenag) --- Banyak ragam cara orang merespon tatanan kehidupan baru (new normal) selama pandemi Covid-19. Salah satunya yang dilakukan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Jombang.

Seiring mulai diizinkannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas, madrasah ini mengembangkan Aplikasi Kantin Sehat Milenial. Kantin ini diresmikan oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi, Senin (18/10/2021).

Aplikasi berbasis android ini diciptakan untuk memudahkan siswa dalam memesan makanan di kantin, agar mereka tidak berkerumun. Pemesanan makanan bisa dilakukan dari kelas mereka masing-masing. 

Wamenag mengapresiasi aplikasi Kantin Sehat Milenial yang dikembangkan MTsN 3 Jombang. Menurut pria yang pernah duduk di kursi DPR ini, aplikasi tersebut merupakan terobosan yang harus dikembangkan dan dikelola dengan baik.

"Pandemi covid-19 ini di satu sisi membuat kita susah, namun di sisi yang lain pandemi ini membuat ide kreatif kita bisa keluar. Nah salah satu contohnya aplikasi ini. Semoga bisa dikembangkan dengan baik," ujar Wamenag.

Wamenag juga mengingatkan tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan selama PTM terbatas. Menurutnya, jangan sampai muncul klaster baru di madrasag, sehingga kegiatan belajar mengajar terganggu. 

"Bapak presiden berpesan kepada kami bahwa pertemuan tatap muka ini protokol kesehatan harus dijaga baik-baik. Guru dan siswa harus sudah divaksin," tegas Wamenag.

Kepala MTsN 3 Jombang Syuaib memaparkan, aplikasi Kantin Sehat Milenial diciptakan untuk memudahkan siswa dalam memesan makanan di kantin. Ini juga bagian dari upaya memulai proses digitalisasi pelayanan di madrasah. 

"Konsepnya adalah setiap kelas kita sediakan satu tab. Siswa bisa memesan mandiri melalui tab tersebut. Pesan hari ini, untuk menu makanan besok," ujarnya. (Sol)