Nasional

Pantun Moderasi Semarakkan PWN PTK ke-15 Palembang

Penampilan pantun Moderasi Beragama di gelaran PWN PTK ke-15

Penampilan pantun Moderasi Beragama di gelaran PWN PTK ke-15

Palembang (Kemenag) --- Pantun Moderasi Beragama turut menyemarakan pembukaan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) ke-15 di Jakabaring Sport Center (JSC) Kota Palembang.

Pantun yang dibawakan oleh siswi SMAN 1 Palembang, Rosa Indiana dengan iringan gitar instrumen musik daerah Sumatera Selatan ini menarik perhatian Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan peserta yang hadir.

PWN PTK ke-15 yang dibuka Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ini mengusung tema: “Konsistensi dalam Moderasi Beragama, Berkarya untuk Bangsa”.

Kementerian Agama menjadikan penguatan moderasi beragama sebagai salah satu program prioritas. Moderasi Beragama adalah cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan berlandaskan prinsip adil, berimbang dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa. Moderasi beragama bukanlah upaya memoderasikan agama, melainkan memoderasi pemahaman dan pengamalan kita dalam beragama.

Berikut bait pantun Moderasi Beragama yang dibawakan Rosa Indiana saat pembukaan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) ke-15, Kamis (11/11/2021):

Kalu kemusi nak mancing ikan
Ambek umpan nyo di bawah ruma
Salam takzim kami haturkan
Kepada bapak menteri agama

Kalau mencari teman setia
Ikut pramuka pasti lah dapat
Pramuka bagi Indonesia
Memang Pramuka yang paling mantap

Songket Palembang kaya coraknya
Songket di pakai di hari raya
Agar hidup damai sejahtera
Kerukunan jadikan budaya

Ke Ampera naik sepeda
Mampir sebentar ke pasar kuto
Keyakinan boleh berbeda
jangan lah jadi pemecah kito

Hadir dalam pembukaan PWN PTK ke-15, Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Sekjen Kemenag, Dirjen Pendis dan segenap para rektor PTKN se Indonesia.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Fadhlillah Hafizhan M

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua