Nasional

Patuhi Prokes Sambut Waisak, Presiden Apresiasi Umat Buddha

Presiden Joko Widodo di Perayaan Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis

Presiden Joko Widodo di Perayaan Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis

Jakarta (Kemenag) --- Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada umat Buddha Indonesia atas kepatuhannya menerapkan protokol kesehatan dalam merayakan Waisak 2565 Tahun Buddhis.

Ucapan terima kasih ini disampaikan Presiden Joko Widodo kepada umat Buddha Indonesia secara virtual dalam gelaran perayaan Dharmasanti Tri Suci Waisak 2021.

Mengawali pidato kenegaraannya, Presiden Joko Widodo juga menyampaikan selamat hari Waisak 2565 Tahun Buddhis kepada umat Buddha di Indonesia.

"Saya menyampaikan ungkapan terima kasih kepada umat Buddha yang tetap menerapkan protokol kesehatan, menghindari kerumunan dalam beribadah, mengurangi mobilitas selama libur hari raya Waisak dan menyelenggarakan Tri Suci Waisak secara virtual," kata Presiden Joko Widodo, Kamis (27/5/2021).

Menurut Joko Widodo, kepatuhan menerapkan protokol kesehatan merupakan praktik keagamaan yang mulia, menghormati, menghargai sesama umat manusia dan bersama-sama berupaya dalam memperoleh berkah kesehatan.

"Perayaan Tri Suci Waisak 2565 harus digunakan untuk memperkokoh komitmen untuk menghormati makna hakiki hidup dan kehidupan. Menjalani praktik-praktik kebenaran untuk meraih keharmonisan dan mengajarkan Dharma sebagai pedoman untuk menunaikan tugas dan kewajiban," pesan Presiden Joko Widodo.

Ia menambahkan, dengan menjalankan Dharma, umat Buddha mendapat kesempatan menata keseimbangan batinnya, memuliakan keagungan Tuhan dan memuliakan harkat dan martabat manusia

"Butir-butir keluhuran ajaran Dharma juga sangat relevan dengan situasi pandemi saat ini yang mengingatkan kita untuk terus melangkah di jalan kebaikan mengendalikan diri dari perilaku buruk serta membantu tulus dan ikhlas," tutup Presiden Jokowi.

Dharmasanti Tri Suci Waisak 2565 digelar di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta.

Hadir Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, para menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan Majelis Keagamaan Buddha dan tokoh lintas agama.

Perayaan Waisak Nasional 2021 mengangkat tema 'Bangkit Bersatu untuk Indonesia Maju'.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: M Rusydi Sani

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua