Daerah

Peduli Daerah Perbatasan, Tiga PTKIN Kolaborasi KKN Lintas Nusantara

Pembekalan peserta KKN Lintas Nusantara di Papua. (Foto: istimewa)

Pembekalan peserta KKN Lintas Nusantara di Papua. (Foto: istimewa)

Jayapura (Kemenag) -- Tiga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) berkolaborasi melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Lintas Nusantara di Papua. Program KKN Lintas Nusatara yang mempunyai tagline “Membangun Daerah Perbatasan; Mengabdi untuk Negeri” ini diikuti oleh IAIN Jember, IAIN Palangkaraya dan STAIN Al-Fatah Jayapura.

Sebanyak delapan mahasiswa IAIN Jember, empat mahasiswa IAIN Palangkaraya dan empat puluh delapan mahasiswa STAIN Alfatah Jayapura akan disebar di Papua antara lain Kota Jayapura, Kabupaten Keron, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Kaimana dan Kabupaten Fakfak.

Rektor IAIN Jember Babun Suharto menjelaskan bahwa program KKN Lintas Nusantara telah memberikan kontribusi positif bagi pengembangan akademik dan pengalaman mahasiswa. “Program KKN Lintas Nusantara menjadi modal awal dalam membangun kebersamaan antar anak bangsa untuk mengabdikan diri di daerah perbatasan," ungkap Babun Suharto saat memberikan arahan pada pembekalan mahasiswa KKN Lintas Nusantara, Rabu (07/03), di Jayapura.

"Ini tentu menjadi bukti kepedulian mahasiswa PTKI dalam upaya menggali pelbagai persoalan yang tengah berkembang di masyarakat melalui pengabdian berbasis riset," sambungnya.

Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Idrus Alhamid meyambut baik pelaksanaan KKN Lintas Nusantara di Papua. Menurutnya, pelaksanaan KKN Lintas Nusantara dapat menegaskan integritas kepedulian anak negeri dalam bingkai NKRI.

“Dalam KKN bersama kali ini, kami mendesain program sebaik mungkin untuk menunjukkan arti penting peran Kementerian Agama melalui PTKI dalam membangun masyarakat perbatasan dalam bingkai NKRI. Keterlibatan mahasiswa PTKI dalam upaya menemukan solusi atas pelbagai permasalahan di kampung menjadi bukti nyata," kata Idrus.

KKN Lintas Nusantara ini akan berlangsung sekitar dua bulan, 5 Maret - 30 April 2018. (wildan)

Tags:

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua