Nasional

Pejuang Sejati Karya MTsN 9 Bantul Juara III Lomba Video Pendek Toleransi

Film Pendek "Petarung Sejati" karya MTsN 9 Bantul

Film Pendek "Petarung Sejati" karya MTsN 9 Bantul

Bantul (Kemenag) --- "Petarung Sejati", film pendek terbaru karya Madrasah Tsanawiyah MTs) Negeri 9 Bantul meraih Juara III Lomba Video Pendek bertema “Toleransi dan Persaudaraan Manusia”.

Lomba ini diselenggarakan oleh Majelis Hukama Muslimin (MHM) Cabang Indonesia. Pendaftaran lomba dibuka sejak pertengahan Oktober hingga akhir November. Total ada 78 peserta lomba dari berbagai daerah, termasuk Kairo, Mesir.

Sebagai dewan juri, Lukman Hakim Saifuddin (Menag 2014 – 2019), Ahsan Andrian (praktisi dan akademisi perfilman), dan TGB Zainul Majdi (anggota Komite Eksekutif MHM). Pemenang lomba diumumkan pada, Jumat (30/12/2022).

“Alhamdulillah, cukup banyak peserta yang mengirim video pendeknya. Setelah melalui proses penilaian, dewan juri menetapkan ‘Petarung Sejati’ sebagai juara III,” terang TGB Zainul Majdi dalam keterangan tertulis saat mengumumkan pemenang.

Video yang dikirim atas nama Nur Hasanah Rahmawati, Kepala MTsN 9 Bantul ini menceritakan final pertandingan futsal antara Tim Masemba (muslim) melawan Tim Santo Markus (Kristiani). Pertandingan itu digelar hari Minggu, dan tim Santo Markus datang terlambat karena mereka harus mengikuti Kebaktian Minggu terlebih dahulu di gereja.

Meski bisa menang WO, Masemba memilih bertanding. Bagi mereka, kemenangan bukan tujuan jika harus meninggalkan nilai-nilai kemanusiaan. Pertandingan tetap berlangsung demi menghormati hak-hak beribadah saudara mereka yang beda keyakinan. Jika kalah, setidaknya mereka sudah menunjukkan jiwa sportifitas. Jika menang, merekalah petarung sejati. Kemenangan mereka didapat melalui keringat di atas lapangan, bukan karena aturan yang tak menguntungkan tim lawan.

Atik, sapaan akrab Kepala MTsN 9 Bantul, menjelaskan bahwa film MTsN 9 Bantul ini merupakan hasil kerja sama dengan Tanahijau Kreative. Selain untuk keperluan lomba, produksi film ini, menurut Atik, menjadi laboratorium pembelajaran sinematografi siswa MTsN 9 Bantul. Ia menambahkan, di MTsN 9 Bantul pun tengah dibentuk ekstrakurikuler sinematografi untuk mewadahi minat dan bakat siswa di bidang tersebut.

“Seperti film lainnya, film MTsN 9 Bantul selalu diproduksi bersama guru, pegawai, dan siswa,” tegas Atik.

Sebagai juara III, MTsN 19 Bantul meraih hadiah berupa uang sebesar Rp15juta.

Majelis Hukama Muslimin adalah lembaga internasional berbadan hukum yang berpusat di Abu Dhabi. MHM didirikan oleh sejumlah ulama dan cendekiawan muslim dari berbagai negara. Saat ini, MHM dipimpin oleh Grand Syekh Al-Azhar, Prof Dr Ahmed Al Tayeb, dan beranggotakan para tokoh dan ulama dari berbagai negara. Salah satunya yang masuk sebagai pendiri dan angota MHM adalah Prof Quraish Shihab. Semantara TGB M Zainul Majdi tercatat Sebagai anggota komite eksekutif di Kesekjenan MHM. (and)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua