Nasional

Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa DEngan Magang di Koran

Bandar Lampung, 19/5 (Pinmas) - Pelaksanaan Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Menengah (PJMTM) tahun 2006 diselenggarakan Lembaga Penerbitan Mahasiswa (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Bandar Lampung, dengan memagangkan pesertanya di surat kabar di Lampung. Informasi dari panitia yang diperoleh ANTARA Bandar Lampung, Jumat, menyebutkan, Pelatihan Jurnalistik yang bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lampung itu, siap digelar pada 22-27 Mei 2006 dipusatkan di Kampus IAIN Raden Intan Sukarame-Bandar Lampung.

Berbeda dengan pelaksanaan diklat jurnalistik serupa sebelumnya, pada tahun ini, waktu yang tersedia selain digunakan bagi peserta mendengarkan materi ceramah dan teori jurnalistik umumnya juga disertai praktek dan latihan maupun magang di beberapa koran di Lampung.Fasilitator dari AJI Lampung, Adian Saputra, menyebutkan sedikitnya 30-an peserta PJMTM IAIN Raden Intan itu akan dimagangkan pula minimal satu hari penuh mempraktekkan diri sebagai wartawan di Harian Lampung Post, Harian Radar Lampung, dan Harian Rakyat Lampung."Mereka akan mengikuti proses perencanaan pemberitaan, pencarian, penulisan berita secara langsung berbaur dengan wartawan koran harian itu," kata Adian lagi.

Menurut Ketua AJI Lampung, H. Ibnu Khalid yang juga Pemimpin Redaksi Harian Radar Lampung, dengan model pendidikan jurnalistik terapan seperti itu, diharapkan para pesertanya dapat lebih mencerap materi yang diberikan untuk langsung bisa dipraktekkan."Kami di AJI Lampung dan praktisi media massa di sini berkewajiban mendorong lahirnya generasi baru wartawan atau jurnalis yang handal yang dapatmenjaga integritas, mencintai profesinya dan berketrampilan profesional," kata Khalid pula. (Ant/Ba)

Tags:

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua