Nasional

Penasihat DWP Kemenag Imbau Jajarannya Tidak Bawa Organisasi ke Ranah Politik

Ketua Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI, Eny Retno Yaqut

Ketua Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI, Eny Retno Yaqut

Jakarta (Kemenag) --- Ketua Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI, Eny Retno Yaqut mengimbau kepada segenap keluarga besar DWP Kemenag se Indonesia untuk tidak membawa-bawa organisasi ke ranah politik, khususnya dalam menyambut tahun politik 2023.

Pesan ini disampaikan ibu empat putri itu dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23 yang mengusung tema Membangun Perempuan Cerdas untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital.

Dikatakan Eny Retno, DWP adalah organisasi kemasyarakatan non partisan yang bebas dari pengaruh dan intervensi golongan serta partai manapun yang berpusat di ibu kota negara Republik Indonesia, berdasar Pancasila yang menghimpun dan membina istri ASN melalui bidang Pendidikan, Ekonomi, dan Budaya.

"Jadi nanti kalau di tahun 2023, ada yang mengiring-giring ibu-ibu, jangan mau ya Bu. Karena itu bukan esensi dari organisasi Dharma Wanita. Kalau yang minta ibu-ibu ngumpulin dan disponsori oleh salah satu caleg, hati-hati ya Bu. Sebab DWP adalah organisasi yang bebas dari intervensi partai dan golongan mana pun," kata Eny Retno di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Peringatan HUT DWP ke-23 digelar dengan sederhana di ruang operation room, Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta. HUT DWP ini juga diikuti oleh DWP Kemenag se Indonesia mulai dari Kanwil, Kakankemenag, Madrasah, PTKN, dan lainnya.

Tampak hadir, Wakil Ketua Penasihat DWP Kemenag Halimah Zainut Tauhid, Ketua DWP Kemenag Farikha Nizar dan jajaran pengurus.

"Kalau memang mau kampanye, jangan pakai baju dan forum DWP. Sekali lagi, saya tegaskan DWP adalah organisasi yang bebas dari intervensi golongan dan partai," tegas Eny.

Selain itu, Eny juga mengajak jajarannya untuk mengenal lebih dekat organisasi DWP Kemenag RI. Menurutnya, tujuan organiasi DWP adalah untuk mensejahterakan anggota, keluarga, dan masyarakat dengan meningkatkan kualitas sumberdaya dan mendukung tercapainya tujuan nasional.

"DWP memiliki tugas di antaranya melakukan pembinaan mental dan spiritual anggota agar bertakwa kepada Tuhan serta berkepribadian dan berbudi luhur, membina anggota dalam memperkokoh pesatuan dan kesatuan serta meningkatkan kepedulian sosial. Mari kita kenali lebih dekat tujuan dan tugas dari organisasi DWP Kemenag," ajak Eny Retno.

Dalam peringatan HUT ke-23 ini, DWP Kemenag menyerahkan bantuan pendidikan secara simbolis dilanjutkan dengan pembukaan kembali toko DWP Kemenag yang sempat tutup selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Fadhlillah Hafizhan M

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua