Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN Harus Bersih dari Praktik Koruptif

Saya pada 20 Januari 2023 merilis penerimaan mahasiswa baru (PMB) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Ada dua skema PMB, yaitu: Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk (UM).

Di hadapan Dirjen Pendis Kemenag dan para pimpinan PTKIN, saya mengingatkan mereka untuk tidak melakukan tindakan curang, koruptif, atau melakukan pungutan liar dalam penyelenggaraan SPAN-UM PTKIN.

Saya meminta catatan hitam penerimaan mahasiswa baru yang pernah terjadi tidak terjadi di PTKIN. Hati-hati dalam penerimaan mahasiswa baru, jangan terjadi di PTKIN. Seperti perilaku koruptif lainnya, tolong dihindarkan.

Saya peringatkan, saya minta Inspektorat Jenderal untuk turun. Koruptif, nepotisme dan lain-lain, jangan dilakukan. Kita ingin di PTKIN memiliki komitmen untuk tidak melakukan itu.

Seluruh proses pendaftaran dan pengumuman dilakukan secara online melalui aplikasi Pusaka Kemenag. Aplikasi Pusaka yang bisa diunduh di Play Store (Android) dan App Store (iOS), serta tidak dikenakan biaya.