Penerimaan Siswa MAN Insan Cendekia Alami Perubahan

Jakarta(Humas Depag)--Sistem penerimaan siswa baru (PSB) MAN Insan Cendekia pada tahun 2007 mengalami perubahan. Calon siswa yang semula berasal dari lulusan SMP dan MTs, baik neberi maupun swasta, pada tahun ini calon siswa hanya dikhususkan dari lulusan MTs pondok pesantren. Hal itu diungkapkan Dirjen Pendidikan Islam Depag H.Jahja Umar menjelaskan Sistem penerimaan siswa baru untuk MAN Insan Cendekia. Jahja mengatakan, indikator kelulusan pada tahun ini lebih menekankan pada potensi kecerdasan dan potensi skolastik.

“Perubahan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas input lebih bagus sehingga proses permbelajaran dan lulusannya lebih berkualitas,” ujarnya. Tujuan seleksi ini, kata Jahja, untuk menjaring bibit-bibit unggul yang potensial, khususnya dari lulusan MTs Pondok Pesantren yang memiliki potensi kecerdasan yang tinggi dan berkualitas di bidang akademik, keimanan dan ketakwaan. Menurut Jahja Umar, peserta yang ditargetkan dalam PSB ini adalah 2500 siswa yang memiliki kualifikasi sesuai dengan standar yang telah ditentukan, dengan komposisi 1500 dari pulau Jawa san 1000 dari luar pulau Jawa. Dari jumlah tersebut akan diseleksi dan diluluskan 120 siswa untuk MAN Insan Cendekia Serpong dan 96 siswa untuk MAN Insan cendekia Gorontalo, dengan pertimbangan 80 % dari lulusan MTs Pondok pesantren dan 20 % dari lulusan MTs di luar ponpes dan SMP.

Syarat pendaftaran PSB ini adalah siswa dengan peringkat terbaik 1-3 bagi MTs/SMP yang memiliki rombel 1-3, peringkat terbaik 1-5 bagi MTs/SMP yang memiliki rombel 1-5, peringkat terbaik 1-7 bagi MTs/SMP yang memiliki rombel 5 ke atas. Pendaftaran PSB MAN Insan Cendekia dimulai 1 Maret-21 April 2007, dengan mengisi formulir yang dapat diambil di Kanwil Depag Propinsi atau Kantor Depag Kabupaten/Kota dan dikirim ke MAN Insan Cendekia Serpong atau Gorontalo secara langsung, melalui pos atau email, dengan menyertakan foto copy raport lengkap yang dilegalisir, berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2007, Rekomendasi dari pimpinan ponpes, pas foto 3x4 sebanyak 4 lembar, foto copy akte kelahiran dan surat keterangan sehat dari dokter. (ts)