Nasional

Pengumuman, Seleksi Masuk Madrasah Aliyah Unggulan Sudah Dibuka

SNPDB Madrasah Aliyah 2023

SNPDB Madrasah Aliyah 2023

Jakarta (Kemenag) --- Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) pada sejumlah Madrasah Aliyah (MA) unggulan sudah dibuka. Ada tiga pilihan pendaftaran, yaitu: Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN).

Pendaftaran SNPDB dibuka secara online, dari 9 Januari hingga 11 Februari 2023. “SNPDB digelar untuk mendapatkan calon peserta didik terbaik, sekaligus membuka kesempatan bagi seluruh anak bangsa untuk berkompetisi mendapatkan layanan pendidikan terbaiknya," jelas Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M. Isom di Jakarta, Selasa (10/1/2022).

Isom mengatakan, SNPDB Tahun Pelajaran 2023/2024 sengaja dilakukan lebih awal. Dia berharap seleksi ini dapat menjaring lulusan terbaik siswa MTS/SMP, dalam negeri maupun luar negeri, yang memiliki potensi kecerdasan tinggi di bidang akademik, keimanan dan ketakwaan serta berkepribadian yang unggul, dan berwawasan kebangsaan yang tinggi.

Baca juga: Juknis Seleksi Nasional Peserta Didik Baru MAN IC, MAN PK, dan MAKN 2023/2024

Dijelaskan Isom setiap pilihan kelompok madrasah memiliki keunggulannya masing-masing. MAN IC misalnya, madrasah ini memiliki keunggulan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) serta diperkuat dengan Iman dan Taqwa (Imtaq). Keberadaan MAN Insan Cendikia ini diharapkan dapat berfungsi sebagai Magnet School yaitu menjadi model dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di sekitarnya.

"MAN Insan Cendekia ini seringkali menggondol prestasi olimpiade, baik tingkat nasional maupun Internasional. Ada 24 MAN IC yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” papar Moh. Isom.

MAN Program Keagamaan adalah Madrasah Aliyah yang menyiapkan peserta didiknya untuk mendalami ilmu-ilmu keagamaan Islam (tafaqquh fiddin). Tujuannya, mendidik mereka untuk menjadi ulama dan cendekiawan muslim nusantara.

"MAN Program Keagamaan merupakan salah satu program unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama dengan penekanaan pada kurikulum keagamaan yang padat serta penguasaan Bahasa Arab dan bahasa Inggris. Ada 10 MAN Program Keagamaan yang ada di Indonesia," urainya.

Adapun Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri, memiliki keunggulan di bidang kejuruan dengan kekhasan agama Islam. MAKN dihadirkan untuk mempersiapkan peserta didiknya menjadi pengusaha, enterpreneur dan pekerja yang siap bersaing dan berkompetisi di dunia kerja global.

"Kementerian Agama mengundang seluruh anak-anak Indonesia untuk mengikuti seleksi tersebut. Untuk mendaftar dan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang SNPDB ini, silahkan kunjungi website https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id/," tandasnya. [hamam]


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua