Perayaan Nasional Day Arab Saudi ke-97, Menag Yakin Persaudaraan Dua Negara Akan Lebih Kuat

Jakarta (Kemenag) - - Kerajaan Arab Saudi hari ini 23 September 2022 memperingati dan merayakan Hari Nasional ke-92.

Atas nama Pemerintah dan rakyat Indonesia, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan selamat kepada pemerintah dan rakyat Kerajaan Arab Saudi atas peringatan Hari Nasional ke-92.

"Semoga Allah SWT menganugrahkan berkah persatuan yang erat dan masa depan yang lebih cerah bagi Arab Saudi," ujar Menag saat didapuk menjadi tamu kehormatan di perayaan Hari Nasional Kerajaan Arab Saudi di Jakarta, Jumat (23/9/2022) .

"Terima kasih tulus kepada saudara saya Yang Mulia Duta Besar Esam Ahmed Abid Al-Thagafi  atas undangannya untuk merayakan Hari Nasional Kerajaan Arab Saudi. Saya berbahagia karena hari ini saya berkesempatan ikut merasakan kegembiraan Kerajaan Arab Saudi  bersama teman-teman dan kolega dari korps diplomatik, lembaga pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sipil, " sambungnya. 

Disampaikan Menag, sejak dibangunnya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi pada 1947, kedua negara telah memiliki hubungan erat dalam berbagai bidang kerja sama, baik dalam bidang politik, sosial-budaya, perdagangan dan investasi, juga beberapa bidang lainnya. 

"Bila saya harus menggambarkan hubungan antara kedua negara ini dengan satu kata, persaudaraan adalah kata yang terbayang di benak saya," tutur Menag.

Dengan hubungan erat di berbagai aspek, lanjut Menag, kedua negara telah secara aktif mempromosikan pembangunan yang lestari dan setara, khususnya bagi negara-negara berkembang. 

Gus Men panggilan akrabnya menambahkan hari ini, Kerajaan Arab Saudi dengan dipandu oleh Visi Saudi 2030 telah berubah dari ekonomi yang berbasis sumber daya alam menjadi ekonomi yang produktif dan beragam, berdasarkan pengetahuan, inovasi, pariwisata, dan energi hijau.

"Indonesia juga ingin bergerak menuju ekonomi lestari yang lebih produktif berdasarkan inovasi dan energi masa depan. Indonesia telah menapakkan kakinya di rantai suplai global baterai litium, kendaraan listrik, produk-produk hijau,"  tandas Menag. 

Menurut Menag, rakyat Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi beruntung memiliki pemimpin seperti Presiden Joko Widodo dan Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammad bin Salman. Mereka memiliki visi yang kuat untuk mengubah negara mereka menjadi negara modern. 

Indonesia dan Saudi serta masyarakat global  telah berjuang melawan COVID-19, berdampingan sejak awal pandemi. 

"Anda pasti sudah mendengar bahwa Indonesia telah berhasil menyingkirkan kasus aktif COVID-19 dan mencapai jumlah vaksinasi sebanyak lebih dari 205 juta dosis," ujarnya .

Mengenai kerja sama bilateral, dikatakan Menag, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi Y.M. Pangeran Faisal bin Farhan Al-Saud di Jakarta pada 6 Juni 2022  untuk membicarakan kerja sama internasional demi memperkuat hubungan bilateral antara Saudi dan Indonesia. 

Sementara itu, mengenai agenda G20, Indonesia dan Saudi telah sepakat bekerja sama untuk arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi.

"Kami menyambut hangat kunjungan warga negara Arab Saudi untuk menikmati keindahan dan keragaman budaya dan alam Indonesia.
Saya percaya bahwa persaudaraan antara Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi akan tumbuh lebih kuat di tahun-tahun mendatang. Dengan komitmen bersama dari pemerintah dan rakyat/  kita akan bekerja bersama demi kemajuan dua bangsa yang bersaudara ini," harap Menag.

Tampak hadir dalam perayaan Hari Nasional Kerajaan Arab Saudi ke-97, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Muhammad Jusuf Kalla dan sejumlah pejabat negara lainnya. 

Turut mendampingi Menag, Staf Khusus Wibowo Prasetyo dan Kabag TU Pimpinan Sidik Sisdiyanto.