Perkuat KPM Mahasiswa, IAIN Takengon Jalin Sinergi dengan Dinas BKKBN & Syariat Islam

Takengon (Kemenag) --- IAIN Takengon terus berupaya meningkatkan kualitas pelaksanaan Kuliah Pengabdian pada Masyarakat (KPM) mahasiswanya. Terbaru, pihak kampus menjalin sinergi dengan Dinas Keluarga  Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKKBN) Kabupaten Aceh Tengah dan Dinas Syari'at Islam Kabupaten Bener Meriah.

"Tahun ini, ada 430 mahasiswa IAIN Takengon yang mengikuti KPM," terang Ketua Panitia KPM IAIN Takengon Almusanna saat memberikan pembekalan kepada para mahasiswa yang akan mengikuti KPM tahun Akademik 2021 di Kampus IAIN Takengon, Senin (3/5/2021).

Pembekalan ini dibuka oleh Rektor IAIN Takengon Zulkarnain. Hadir, Kepala Dinas BKKBN Aceh Tengah Alam Suhada, dan Kepala Dinas Syari'at Islam Kabupaten Bener Meriah Taslim. Karena masih pandemi, pembekalan digelar secara blended (campuran). Sejumlah perwakilan mahasiswa mengikuti secara luring, sisanya dengan daring.

"Para mahasiswa ini berasal dari Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syari'ah, Dakwah, Ushuluddin," lanjutnya.

Menurut Almusanna, 430 mahasiswa peserta KPM ini akan disebar dalam beberapa kecamatan sesuai dengan asal dan tempat tinggal mereka. Karena kondisi pendemi masih belum mereda, maka KPM akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. 

"Program kegiatan mahasiswa selama KPM disusun bersama pihak kampus dengan Dinas. Program tersebut telah dimuat dalam buku panduan KPM mahasiswa," jelasnya.

Membuka pembekalan, Rektor IAIN Takengon Zulkarnain berpesan bahwa KPM merupakan matakuliah yang bertujuan memperkuat kehidupan bermasyarakat. Untuk itu, Zulkarnain meminta para mahasiswa untuk terus berupaya belajar bersama masyarakat. 

"Padukan kekuatan kecerdasan intelektual, kecerdasan sosial, kecerdasan emosional dan kecerdasan spritual guna memperkuat kompetensi mahasiswa sebagai anggota masyarakat yang berpendidikan," pesannya.

"Potretlah kehidupan masyarakat yang penuh tantangan saat ini. Abadikan dalam tulisan supaya dunia akademis semakin berperan dalam menyukseskan program pemerintah pada dua dinas tersebut. Walaupun KPM tahun ini dalam bulan ramadhan kita tetap bersemangat," tandasnya.

Pembekalan ini sekaligus menandai penyerahan para mahasiswa peserta KPM kepada pihak kecamatan oleh panitia.