Perkuat Rekognisi Internasional, Ini Program Pusat Penelitian UIN Jember

Jember (Kemenag) --- Pusat Penelitian pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember telah menyusun beberapa program dan kegiatan untuk menunjang penguatan reputasi akademik di panggung internasional.

Rektor UIN KHAS Jember Babun Suharto mengapresiasi kegiatan dan program yang diinisiasi Pusat Penelitian LP2M. Dikatakan Babun, UIN KHAS Jember terus berupaya meningkatkan reputasi akademik baik di tingkat nasional dan internasional, terutama dalam rangka menggapai visi misi UIN KHAS Jember.

“Dalam visi UIN KHAS Jember disebutkan, bahwa UIN KHAS Jember ditargetkan menjadi Universitas Islam terkemuka di Asia Tenggara tahun 2045. Karena itu, revolusi budaya akademik harus kita lakukan dengan memperbanyak kegiatan-kegiatan berskala internasional. Tentu, itu semua ditopang dengan berbagai kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri, terutama dalam bidang riset dan publikasi,” ungkap Babun Suharto, Selasa (29/3) di Jember.

Senada dengan Rektor UIN KHAS Jember, Ketua LP2M UIN KHAS Jember Zainal Abidin mengungkapkan, bahwa kegiatan dan program yang disusun oleh LP2M senafas dengan visi dan misi UIN KHAS Jember, termasuk di dalamnya juga dalam rangka menopang akreditasi program studi dan insitusi unggul. 

“Kegiatan kami rancang dengan sebaik mungkin untuk memperkuat reputasi kelembagaan UIN KHAS Jember secara umum. Hal itu dimulai dari peningkatan kualitas publikasi ilmiah, produktifitas riset, perluasan jejaring akademik nasional dan internasional, konferensi, dan kegiatan lainnya yang menunjang,” terang Zainal Abidin.

Kepala Pusat Penelitian LP2M Wildani Hefni, mengungkapkan bahwa kegiatan dan program Pusat Penelitian dibagi dalam dua hal. Pertama penguatan yang sifatnya internal, termasuk kelengkapan dokumen-dokumen, seperti Rencana Strategis Penelitian, Rencana Induk Penelitian, Roadmap Penelitian, dan lainnya. 

“Sementara yang kedua difokuskan pada peningkatan reputasi akademik dalam rangka mencapai rekognisi internasional”, ungkap Wildan. 

Berikut kegiatan Pusat Penelitian LP2M yang dirancang dalam skala internasional pada semester I antara bulan Februari hingga Juni 2022:
1. Kegiatan International Lecture Series #1 pada tanggal 15 February 2022 dengan topik International Collaborative Research: Benefits, Motivations and Challenges. Perguruan tinggi partner dalam kegiatan tersebut adalah The University of Melbourne, Australia

2. Kegiatan International Lecture Series #2 pada tanggal 10 Maret 2022 dengan topik Research Collaborative Opportunities: Indonesia-Netherlands. Partner pada kegiatan ini adalah Leiden University Belanda, KITLV, dan Nuffic Neso

3. Kegiatan International Lecture Series #3 pada tanggal 31 Maret 2022 dengan topik Critical Research on Contemporary Indonesian Islam: Challenging the Conventional Thinking. Perguruan tinggi partner dalam kegiatan ini adalah The Australian National University (ANU), Canberra Australia

4. Kegiatan International Guest Lecture: Visiting Professor and Professional. Perguruan tinggi partner dalam kegiatan ini adalah University of Groningen, Belanda, yang pelaksanaannya direncanakan pada bulan April 2022

5. Kegiatan The 1st Annual International Conference on Islam, Education, and Humanities. Perguruan tinggi yang menjadi partner adalah University of New South Wales (UNSW) Canberra Australia, dan International Islamic University (IIUM) Malaysia. Event ini akan dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2022 dengan output prosiding dan publikasi di jurnal terakreditasi

6. Kegiatan International Lecture Series #4 dengan topik Rising Research Collaboration in Global Science. Partner kegiatan ini adalah kampus Humboldt University of Berlin, Germany. Pelaksanaan kegiatan ini pada bulan Juni 2022.