Perkuat Reputasi Akademik, LP2M UIN KHAS Jember Gelar International Lecturer Series

Jember (Kemenag) --- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember akan menggelar International Lecturer Series (ILS), Selasa, 15 Februari 2022. Gelar ini merupakan seri forum ilmiah dengan menghadirkan para narasumber ahli dari luar negeri untuk mendiskusikan tema-tema riset aktual berikut strategi peningkatan publikasi ilmiah.

Rektor UIN KHAS Jember Babun Suharto menjelaskan, UIN KHAS Jember pasca bertransfromasi dari IAIN Jember melakukan pelbagai akselerasi, termasuk dalam peningkatan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah. 

“Kegiatan International Lecturer Series (ILS) yang digagas oleh LP2M ini memiliki arti penting bagi peningkatan reputasi akademik UIN KHAS secara kelembagaan. Kami akan terus mendorong para civitas akademika untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dalam peningkatan mutu riset menuju rekognisi internasional”, terang Babun Suharto, Kamis (10/2/2022) di Jember.

Ketua LP2M UIN KHAS Jember Zainal Abidin mengungkapkan, LP2M memiliki mandat untuk melakukan pelbagai terobosan dalam rangka mewujudkan UIN KHAS Jember sebagai globally recognized university. Menurutnya, beberapa hal dilakukan oleh LP2M, termasuk salah satunya menggelar International Lecturer Series (ILS) dan Konferensi Internasional yang akan digelar bulan Mei mendatang.

“Kami sedang merumuskan program dan kegiatan dalam rangka peningkatan reputasi akademik dalam menunjang penguatan riset dan publikasi ilmiah. Kami mencoba untuk bekerja sama membangun dan memperluas jejaring kerjasama riset baik dengan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri,” ungkap Zainal Abidin.

Dikatakan Zainal, saat ini merupakan momentum kebangkitan publikasi ilmiah di UIN KHAS Jember. Setidaknya, terdapat  38 jurnal yang sudah menggunakan OJS dan dalam proses pengajuan akreditasi. 

“Yang terbaru, terdapat 1 jurnal yang terakreditasi Sinta 3, dan 1 jurnal terakreditasi Sinta 5,” kata Zainal Abidin.

Kepala Pusat Penelitian LP2M UIN KHAS Jember Wildani Hefni mengungkapkan, untuk seri pertama ILS, pihaknya menghadirkan Professor Tim Lindsey dari University of Melbourne, Australia. Dikatakan Wildan, Prof Tim akan menyampaikan pemaparan tentang International Collaborative Research: Benefits, Motivations, and Challenges.

Menurut Wildan, riset kolaborasi internasional perlu didiorong untuk dilakukan oleh para civitas akademika UIN KHAS Jember. “Kerjasama penelitian atau penelitian kolaboratif diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas penelitian dan pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah publikasi dari para dosen UIN KHAS Jember dalam jurnal ilmiah bereputasi Internasional,” ungkap Wildan.

Wildan berharap, kegiatan ILS dengan menghadirkan para ilmuan luar negeri dapat meningkatkan kapasitas penelitian dosen UIN KHAS Jember. 

"Selain itu, ILS juga menjadi wadah untuk memperluas cakupan tema-tema penelitian pada tema-tema global," pungkas Wildan.