Internasional

Persiapan Armuzna, PPIH Perkuat Linjam

Kasie Lunjam Makkah Muftil Umam

Kasie Lunjam Makkah Muftil Umam

Makkah (Kemenag) – Menjelang masa puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna) Panitia Penyelenggara Ibadah Hajii (PPIH) Arab Saudi memperkuat tim perlindungan jemaah (linjam).

“Kami sudah siapkan tim gabungan linjam Madinah, Makkah, dan Jeddah. Kita fokuskan tanggal 10,11,12,13 Zulhijjah, karena itulah puncaknya. Jemaah membutuhkan tenaga luar biasa,” ujar Kepala Seksi Linjam Muftil Umam kepada Media Center Haji (MCH) di Makkah, Rabu (29/06/2022).

“Di jamarat akan kita bagi dua, jalur atas, 5 titik. Jalur bawah, 5 titik. Kita tambah 1 titik turun yang menuju bin Dawood. Kita bekerja sama dengan tim Pertolongan Pertama Pada Jemaah Haji (P3JH), tambahan dari Emergency Medical Team (EMT) dari Kemenkes. Kita akan berkolaborasi di situ dalam rangka memberikan pertolongan dan perlindungan jemaah, khususnya pada 10 Zulhijjah,” sambungnya.

Pada musim haji tahun ini, total ada 42 personel linjam, 21 di Madinah, 21 di Makkah, menurutnya ini rasio yang sangat terbatas. “Kondisi inilah yang bisa kita keberangkatan. Semoga ke depan ditambah supaya bisa mengcover di Makkah dan Madinah, termasuk di Armuzna,” harapnya.

Ditanya apa saja akumulasi persitiwa yang terkait dengan linjam. Menurutnya, kalau di sektor hanya menyangkut masalah tas yang tertukar di sektor lain, jemaah yang ketika melaksanakan umrah ketinggalan rombongan. “Peristiwanya hanya seputar itu,” tambah Umam.

Karena waktu semakin dekat dengan puncak haji, Umam mengimbau kepada seluruh jamaah haji untuk menjJaga kesehatan. “Kurangi aktivitas yang tidak perlu, termasuk belanja, membatasi umrah sunah yang bisa menguras tenaga,” imbaunya.


Editor: Dodo Murtado
Fotografer: M Rusydi Sani

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua