Plt Irjen Minta Jajarannya Serius Kawal Kemenag Bersih

Jakarta (Kemenag) --- Pelaksana Tugas Inspektur Jenderal (Plt Irjen) Kementerian Agama (Kemenag) Nizar Ali meminta jajaran Inspektorat Jenderal (Itjen) serius mengawal terwujudnya birokrasi Kemenag yang bersih dan berintegritas. Ini menjadi bagian upaya Kemenag untuk melakukan transformasi layanan umat. 

Penegasan ini disampaikan Nizar saat membuka Rapat Koordinasi Perencanaan Audit dan Reviu Tahun 2022, di Jakarta. Menurutnya, bukti keseriusan ini harus dilakukan sejak membuat perencanaan audit dan reviu pengawasan. 

"Semua kegiatan di mulai dari perencanaan, ketika kita gagal merencanakan maka sesungguhnya kita merencanakan kegagalan," kata Nizar, Senin (17/1/2022). 

"Maka dari itu demi terwujudnya Kemenag yang bersih dan berintegritas kita serius merencanakan program pengawasan," tutur Nizar yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kemenag. 

Sementara Sekretaris Inspektorat Jenderal M. Ali Irfan menambahkan bahwa Kebijakan Pengawasan Internal Tahun 2022  berdasarkan pada Prioritas Nasional, Prioritas Kementerian/Lembaga, Perintah Menteri, Mandatori, Proyek Besar, dan Laporan KSP. 

Pengawasan, lanjut Ali Irfan, juga akan melihat implementasi di lapangan untuk memastikan tiap program yang digulirkan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. "Pengawasan ke depan mengedepankan pengawasan terhadap program prioritas Menteri Agama, agar program-program tersebut dirasakan langsung oleh masyarakat," imbuhnya. 

Rapat Koordinasi ini dihadiri para pimpinan, Pengendali Teknis, Subkoordinator, Kepala Subbagian, dan pelaksana di lingkungan Itjen Kemenag. (Adha Anggraini)