Pohon Soekarno di Arafah, Kini Kian Rimbun

Jeddah (MCH)--Padang Arafah tidak bisa dilepaskan dengan Syajarah Soekarno atau Pohon Soekarno. Pohon yang di Indonesia dikenal sebagai pohon mimba, pohon imba, atau pohon imbo itu kini kian rimbun menghijau. Jarum jam masih menunjukkan angka sepuluh pagi. Terik matahari terasa begitu menyengat. Topi putih yang bertengger di kepala seakan tak mampu menghalanggi rasa panas yang berkisar 38-42 derajat celcius di kota makkah. Namun saat memasuki kawasan padang arafah, rimbunan pepohonan hijau menciptakan nuansa sejuk. Pohon-pohon itu seakan oase penebar rasa segar di tengah gersangnya padang pasir dan bebatuan cadas yang mendominasi pemandangan di Padang Arafah. Masyarakat Arab Saudi mengenalnya sebagai syarkah soekarno atau pohon soekarno.

Pohon sejenis pohon mindi ini memang dibawa oleh presiden pertama RI itu saat melaksanakan ibadah haji ke tanah suci. Sebagai orang berpengaruh di kawasan Negara-negara nonblok Bung Karno dengan mudah menawarkan ide penanaman pohon ini kepada kalangan masyarakat arab yang dikenal keras dan teguh dalam berpendirian. Tak cukup mengirimkan ribuan bibit pohon, bung karno juga mengirimkan ahli tanaman dari Indonesia untuk mengembangbiakan tanaman yang memang cocok tumbuh di daerah tandus ini. Kini tanaman ini tumbuh dengan rimbun di berbagai sudut kota Arab Saudi. Baik di Makkah, Madina, maupun Jeddah. Khusus di kawasan padang arafah, pohon soekarno ini telah memenuhi sebagian besar kawasan dengan luas 5,5 x 3,5 kilometer persegi tersebut.

Dengan tinggi rata-rata 2-3 meter, pohon ini berdiri di sepanjang jalan-jalan utama padang arafah. Pohon dengan banyak manfaat ini juga tumbuh di lokasi-lokasi yang akan ditempati tenda-tenda jamaah haji dari seluruh dunia untuk melaksanakan prosesi wukuf. "Keberadaan pohon-pohon ini sangat membantu menguranggi suhu panas saat jamaah haji melaksanakan wukuf," ujar Kepala Satuan Operasional (Kasatop) Arofah, Muzdalifa, dan Mina (Armina) Abu Haris Muntohar. Abu Haris mengungkapkan Pemerintah Arab Saudi memang secara khusus memelihara keberadaan pohon soekarno ini. Di Arafah ada saluran air khusus yang ditanam dalam tanah untuk menyirami setiap batang pohon Soekarno.(suwarno)