PPIH Arab Saudi Siapkan Hotel Isolasi Jemaah Terpapar Covid

Mekkah (Kemena) – Panitia Penyelenggaraan Haji Indonesia (PPIH) 1443H/2022M menyiapkan hotel isolasi untuk merawat jemaah haji yang terpapar Covid-19 selama di Arab Saudi.

“Tahun ini pertama kali kami sediakan hotel isolasi, hotel tersebut diperuntukkan bagi jemaah yang positif Covid-19 tapi tidak bergejala  dengan kapasitas untuk 1000 jemaah atau 1 persen dari total jemaah haji tahun ini,” ujar Kepala Bidang Sistem Informasi dan Komputerasi Haji Terpadu (SISKOHAT) PPIH Arab Saudi 1443H/2022M di Mekkah, Jumat (10/06/2022) malam. 

“Hotel isolasi ini kita siapkan di Mekkah dan Madinah sebagai bagian dari mitigasi kita  untuk  mencegah penyebaran virus kepada jemaah lainnya,” sambungnya.

Selain hotel isolasi, Hasan mengatakan, tahun ini PPIH menyiapkan skema asuransi kesehatan bagi jemaah terpapar Covid yang bergejala. 

Hasan menandaskan, seiring dengan pelonggaran pemakaian masker di Arab Saudi, ia meminta Jemaah haji tetap menjaga protokol kesehatan. “Sesuai pesan pak Menteri, jemaah diharapkan  tetap menjaga protokol kesehatan, bagaimanapun  pandemi sepenuhnya belum berakhir, potensi terjangkit covid masih ada, meski sudah vaksin lengkap," tandasnya. 

Menurutnya, hingga saat ini Jemaah yang terkonfirmasi positif Covid berjumlah 22 orang. Jemaah tersebut ditunda keberangkatannya ke Tanah Suci hingga dinyatakan negatif dan diberangkatkan pada kloter selanjutnya.