Nasional

Presiden SBY: Rakyat Makin Makmur, Daftar Tunggu Haji Mencapai 1,7 Juta Orang

Solo (Pinmas) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan kemakmuran rakyat Indonesia bukanlah isapan jempol belaka. Salah satu indikasi kemakmuran itu adalah semakin banyak warga yang menunaikan haji. Saat ini, telah tercatat 1,7 juta orang yang masuk daftar tunggu haji. "Pertumbuhan ekonomi kita semakin membaik. Salah satu terlihat pada semakin banyak umat muslim di yang mendaftarkan beribadah ke Tanah Suci. Laporan yang saya terima, hingga 13 Maret 2012 di Kementerian Agama telah tercatat 1,7 juta calon haji. Ke depan akan semakin banyak lagi," ujar SBY saat memberikan sambutan pada tasyakutan Harlah ke-22 IPHI di Diamond Convention Center, Solo, Senin (9/4) malam.

Presiden mengatakan jumlah calon haji tersebut tentu saja tidak bisa diberangkatkan bersamaan, karena kuota haji Indonesia sekitar 221 orang setiap tahunnya. Karena itu, SBY meminta Kementerian Agama untuk membuat skala prioritas. Salah satunya memprioritaskan calon jamaah yang telah berusia lanjut. "Kementerian Agama juga harus mampu memberikan jaminan bahwa pelayanan pelaksanakan ibadah haji semakin baik, profesional dan transparan.

Sedangkan bagi IPHI, KBIH, dan bank-bank, berkewajiban membantu pemerintah untuk pelaksanaan haji ke depan semakin baik," ujar SBY. Pada kesempatan tersebut SBY juga menerima waqaf dari sejumlah bank syariah yang diserahkan oleh Ketua Dewan Waqaf Nasional, Tolhah Hasan. Selanjutnya dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan Menara Haji Indonesia yang akan dibangun di Jakarta. Gedung tersebut selanjutnya akan difungsikan sebagai pusat bisnis syariah. (detik.com)

Tags:

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua