Internasional

Presiden Terima Syamsuri, Juara MTQ Internasional VII di Turki

Foto: Jhoni Biro Pers Istana

Foto: Jhoni Biro Pers Istana

Jakarta (Kemenag) --- Syamsuri Firdaus, juara I tilawah Alquran pada MTQ Internasional VII yang berlangsung di Turki, hari ini diterima Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Ikut mandampingi Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin.

Kepada Humas, Muhammadiyah Amin menuturkan bahwa Presiden merasa bangga dan senang dengan prestasi yang diraih Syamsuri Firdaus. Apalagi hadiahnya diserahkan langsung oleh Presiden Turki, Erdogan," terang Muhammadiyah Amin di Jakarta, Selasa (28/05).

"Bapak Presiden meminta agar Kementerian Agama terus menerus melakukan pembinaan kepada Qari/Qariah dan Hafiz/Hafizah," lanjutnya.

Sebelumnya, kepada Presiden, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama selaku Ketua Umum LPTQ melaporkan bahwa, tahun ini Pemerintah RI melalui Kementerian Agama menerima undangan permintaan delegasi Musabaqah Tilawatil Quran dan Hifzhil Quran dari 17 negara.

Ke-17 negara tersebut adalah Yordania, Brunei Darussalam, Thailand, Malaysia, Aljazair, Kuwait, Sudan, Dubai, Saudi Arabia, Mesir, Tunisia, Iran, Maroko, Bahrain, Turki, Rusia, dan Kanada. Dari undangan tersebut, Indonesia mengirim delegasi yang berasal dari para juara MTQ/STQ Nasional.

"Ini menjadi bagian tindak lanjut pembinaan qari-qariah dan hafidz-hafidzah yang dilakukan Kemenag," ujarnya.

"Peserta Indonesia seringkali meraih prestasi sebagai juara pada cabang tilawah dan hifdzil quran. Ini menjadi kebanggaan bagi kita karena dapat mengharumkan nama bngsa di kancah internasional," sambungnya.

Data Bimas Islam, selain Syamsuri, sebelumnya sejumlah prestasi internasional juga diraih qari/qariah Indonesia sepanjang 2019, antara lain: juara I qari di Iran, juara II qari di Kuwait, juara II qariah di Malaysia, juara II Hafizh, dan Juara III Hafizhah di Brunei, dan juara I qari di Bahrain.

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua