Prestasi Kebumian antar Siswa MAN 2 Kota Malang Diterima di Universitas Kanada dan Singapura

Malang (Kemenag) --- Kabar prestasi kembali datang dari madrasah. Hilman Agung Saputra, siswa MAN 2 Kota Malang, dinyatakan lolos dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di dua universitas ternama di Kanada dan Asia. 

Siswa yang akrab disapa Hilman ini diterima di University of British Columbia, Vancouver (UBC) dalam program Bachelor of Science dan Nanyang Technological University, Singapore (NTU) dalam program Environmental Earth Systems Science.  

Sebelumnya, Muhammad Ismu Daud, siswa MAN 2 Kota Malang juga telah mendapat kepastian diterima di University of British Columbia (UBC) untuk konsentrasi Bachelor of Science dan University of Toronto untuk konsentrasi Life Science Faculty of Arts and Sciences.

“Alhamdulillah, tiap tahun lulusan MAN 2 Kota Malang mendapat kesempatan kuliah di sejumlah perguruan tinggi luar negeri. Tahun ini ada Ismu Daud dan Hilman yang diterima pada universitas Kanada dan Singapura,” terang Kepala MAN 2 Kota Malang Mohammad Husnan di Malang, Rabu (6/4/2022).

“Saya kira ini buah keseriusan mereka dalam belajara dan keistiqamahan para guru dalam memberikan bimbingan. Juga doa dari orang tua,” sambungnya.

Wakil Kepala MAN 2 Kota Malang bidang Humas dan Kerjasama, Ahmad Thohir Yoga, mengatakan, prestasi Hilmam diawali dari keikutsertaannya dalam ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Hilman mengikuti KSN untuk bidang Kebumian di tahun 2020 dan berhasil meraih medali perak. 

“Hilman melanjutkan kiprahnya di bidang olimpiade kebumian dengan menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang International Earth Science Olympiad (IESO) pada tahun 2021 dan berhasil mempersembahkan medali perunggu untuk tim merah putih,” ujarnya. 

Sebelum mengikuti IESO, lanjut pria yang akrab disapa Yoga, Hilman sudah mengikuti program Pelatihan Nasional (Pelatnas) yang diselenggarakan Tim Olimpiade Kebumian Indonesia (TOIKI). Dia berhasil lolos seleksi dan menyisihkan banyak peserta. 

“Selain mengikuti KSN dan IESO, Hilman juga tidak pernah absen dalam kompetisi-kompetisi nasional di bidang kebumian, misalnya Olimpiade Geografi dan Geosains yang diadakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dan meraih gelar tertinggi, yakni medali emas,” sebut Yoga. 

Berkat prestasi yang diraih, Hilman pada tahun 2021 mendapat kesempatan untuk mengikuti program beasiswa studi lanjut ke luar negeri yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Menurut Hilman, program beasiswa ini bertajuk Beasiswa Indonesia Maju (BIM) yang dikhususkan untuk siswa berprestasi Ajang Talenta Nasional yang dilaksanakan oleh Puspresnas Kemdikbud. 

“Dalam program ini, saya alhamdulillah berhasil lolos dan melanjutkan langkahnya dengan mendaftarkan diri ke kampus-kampus yang diinginkan, dan akhirnya saya dinyatakan diterima di kampus Kanada dan Singapura,” tutur Hilman. 

“Proses seleksinya sangat kompetitif,” lanjutnya 

Hilman berharap capaian yang diraihnya dapat menjadi pemacu semangat bagi siswa MAN 2 Kota Malang untuk terus berupaya meraih prestasi, menggali potensi, dan mengembangkan talenta yang dimiliki.

Hilman selama ini aktif dalam program pembinaan intensif yang diadakan MAN 2 Kota Malang. Dia juga dikenal sebagai siswa yang sangat tekun dan mampu belajar secara mandiri untuk meningkatkan kemampuannya. 

Selamat, semoga Hilman terus berkembang dan mampu menyelesaikan studinya dengan baik, serta menjadi insan yang bermanfaat untuk sesama. (Bidari Intan R dan Humas MAN 2 Kota Malang)