Nasional

Prof. Dr. Yudha Triguna Kendalikan UNHI

*Denpasar, 01/02 (Pikda) - Prof Ida Bagus Gde Yudha Triguna MS (45), satu-satunya guru besar bidang disiplin ilmu Sosilologi agama Hindu, dipercaya untuk mengendalikan Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar untuk periode 2006-2010. Pria kelahiran Tabanan tahun 1962 itu mengaku terharu atas kepercayaan tersebut, sekaligus beban dan tanggung jawab yang begitu besar untuk memajukan UNHI menjadi sebuah lembaga yang berwibawa.

"Semua itu akan bisa terwujud, jika saya dan kita semua memiliki komitmen, prinsip dan mau melaksanakan tugas dan kewajiban atas dasar prinsip persaudaraan dan kedamaian," tutur suami dari Anak Agung Inten Mayuni (42), seusai acara pelantikan. Ayah dari tiga putra dan putri itu telah menyatakan tekadnyauntuk mampu menjadikan UNHI sebuah lembaga "mercusuar" kajian agama dan kebudayaan Hindu. Untuk itu dia akan segera menerbitkan jurnal dengan harapan perguruan tinggi itu terakreditasi secara nasional, sehingga mampu menjadi corong kualitas kajian lembaga pendidikan. Hal itu ditunjukkan jika banyak orang yang mencari referensi hasil penelitian, terbitan jurnal dan buku di Universitas Hindu Indonesia.

Mantan anggota DPRD Bali itu juga segera membuka program doktor bidang ilmu agama dan kajian kebudayaan Hindu dan menambah dua program S-2 hingga menjadi mengelola enam program S-2. Saat ini Unhi juga mengelola empat fakultas untuk mencetak lulusan S-1.

Tags:

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua