Nasional

Puluhan Pontren dan Madin di Kalses Dapat Dana Rahab

*Banjarmasin, 17/02 (Pikda) - Puluhan Pondok Pesantren (Pontren) dan Madrasah Diniyah (Madin) yang tersebar pada 13 kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan pada tahun 2006 mendapat bantuan rehabilitasi dan penambahan lokal baru. Kepala Bidang Pendidikan Keagamaan dan Pontren Kanwil Depag Kalsel, Drs.H.Suharman DJ,M.MPd di Banjarmasin, Jumat menjelaskan jumlah Pontren yang mendapat dana rehab dari Departemen Agama (Depag) atau APBN sebanyak 19 buah.

Sedangkan jumlah Madin yang mendapat dana rehab dan penambahan lokal belajar tahun 2006 sebanyak 25 buah, baik Pontren dan Madin masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp15 juta yang langsung diserahkan kepada yayasan atau pengelolanya.Suharman menjelaskan, usulan penambahan lokal oleh pengelola Madin se-Kalsel itu, karena jumlah lokal yang tersedia tidak mampu menampung jumlah anak yang ingin belajar di lembaga milik masyarakat itu.

Bantuan pemerintah ini memang tidak mencukupi untuk melakukan rehab atau penambahan lokal Pontren dan Madin secara keseluruhan, katanya, karena sifatnya stimulan guna memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pendidikan swasta. "Kami berharap partisipasi masyarakat turut serta memberikan tambahan dana untuk rehab dan penambahan modal yang dilakukan lembaga pendidikan milik masyarakat ini," katanya.

Dia berharap, bantuan rehab dan penambahan lokal ini sedikit meringankan beban masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan bagi upaya membantu pemerintah untuk menuntaskan wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun.Kanwil Depag Kalsel berusaha mengusulkan rehab dan penambahan lokal Pontren dan Madin se-Kalsel, terutama Pontren dan Madin yang kondisinya cukup memprihatinkan sehingga cukup mengganggu proses belajar mengajar.Bantuan yang diberikan memang terbatas sesuai dengan keterbatasan pendanaan pemerintah, disamping itu jumlah Pontren yang ada di Kalsel ini cukup besar yakni mencapai 216 buah(Ant/myd)

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua