Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kini Hadir di NTT

Kalabahi (Kemenag) --- Gedung Pusat Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) kini hadir di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Alor. Gedung ini diresmikan oleh Bupati Alor, Amon Djobo, Kamis (24/3/2022). Gedung ini dibangun dari dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun 2021.

Hadir Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur, Reginaldus S.S Serang. Ketua DPRD Kabupaten Alor, Wakil Bupati Alor, unsur Forkompimda, para pimpinan OPD Kab. Alor, Kabid Haji dan Bimas Islam Kanwil Kemenag Prov.NTT, para Kakankemenag Kabupaten/kota se NTT serta para tokoh agama, tokoh Masyarakjat dan pemuda.  

"Terima kasih kepada Bapak Bupati Alor yang selalu mendukung program pembangunan bidang agama di daerah ini, dan meletakkan batu pertama pembangunan gedung ini pada tahun 2021. Hari ini, Bapak Bupati dapat hadir kembali untuk meresmikannya," ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Alor, Awaludin Husain.

"Salam hormat untuk Bapak Kakanwil, gedung megah ini berdiri dan menjadi yang pertama di NTT. Terima kasih untuk semua bentuk dukungannya bagi kami di bumi Persaudaraan, Tanah Terjanji, Surga Di Timur Matahari Alor," sambungnya.

Kepala Kanwil Kemenag NTT, Reginaldus S.S. Serang mengapresiasi kehadiran PLHUT di Kemenag Alor. "Hari ini kami hadir dengan kekuatan besar untuk memberi apresiasi atas suksesnya pembangunan gedung  ini, para Kakankemenag Kabupaten/kota juga hadir untuk belajar di Alor sebagai tempat persemaian toleransi dan persaudaraan,” jelasnya. 

Reginaldus Serang berpesan kepada para Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota untuk terus melakukan koordinasi dengan pemda sehingga tugas pembangunan bidang agama dapat berjalan baik di wilayah NTT. "Kolaborasi dan sinergisitas yang baik antara pemda dan Kementerian Agama di Kabupaten Alor patut diapresiasi karena saling mendukung dalam pembangunan bangsa dan daerah," tuturnya.

Agar kolaborasi ini terus berjalan baik, Kakanwil mendorong pemda juga dapat mengawasi jalannya tata laksana Kementerian Agama  di daerah supaya dapat berjalan pada rel yang semestinya. Menurutnya, Kementerian Agama adalah instansi vertikal yang memiliki tugas melaksanakan pembangunan di bidang agama melalui dua fungsi utama, yakni fungsi agama dan fungsi pendidikan. 

"Kami tentu sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati Alor yang sangat peduli membantu Kementerian Agama Kabupaten Alor untuk perbaikan gedung dan sarana prasarana Kantor Kemenag Alor," ucap Kakanwil.  


Bupati Alor, Amon Djobo menegaskan PLHUT Kantor Kemenag Alor merupakan tempat  untuk melayani orang. Sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan secara baik untuk melayani banyak orang.

"Orang yang bekerja di tempat ini harus mempunyai hati yang bersih tidak sekedar berdiri gedungnya tapi mempunyai dampak dan nilai tambah bagi calon jamaah haji," tegasnya.

Bupati yakin, kehadiran gedung PLHUT ini juga jawaban atas gagasan Pemda Alor untuk memberangkatkan tokoh agama Muslim ke tanah suci  untuk umrah. Pemda Alor juga akan memberangkatkan para tokoh agama Kristen ke Yerusalem. 

"Tahun ini kami akan berangkatkan tujuh orang dari muslim, sembilan orang dari Kristen, dan 1 orang dari Hindu," tambahnya.

Bupati berharap, dengan memberangkatkan para pemimpin agama ke Mekah, Yerusalem dan tempat suci lainnya, hal itu akan memberikan kebaikan, keberkahan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Alor. (peter/Humas Kemenag alor)