Raih Predikat WBK, Kankemenag Salatiga dan MAN IC Serpong Terima Penghargaan

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memberikan penghargaan kepada pimpinan dua satuan kerja yang berhasil meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Kedua satuan kerja itu adalah Kantor Kemenag Salatiga dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong.

Penghargaan diberikan Menag Yaqut usai memimpin upacara peringatan Hari Amal Bhakti ke-76 di halaman kantor Kementerian Agama, Jakarta, Senin (3/1/2021). Penghargaan itu diberikan kepada Taufiqurrahman selaku Kepala Kankemenag Kota Salatiga dan Abdul Basit selaku Kepala MAN IC Serpong.

Sebelumnya, dalam sambutan selaku inspektur upacara, Menag Yaqut menyampaikan apresiasi atas capaian dan prestasi Kementerian Agama. “Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dari para perintis dan sesepuh Kementerian Agama serta saudara sekalian. Oleh karena itu, saya ucapkan terima kasih kepada segenap ASN Kemnenag yang selama ini telah mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat, kehormatan, dan kinerja Kementerian Agama,” ujar Menag.

Selain WBK, Kementerian Agama juga kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

Prestasi lainnya adalah meningkatnya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 (2020) menjadi 83,92 (2021). Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021.