Nasional

Rais Aam Syuriah PBNU Kiai Sahal Mahfudz Tutup Usia

Jakarta (Pinmas) – Innalillaahi wa inna ilaihi raajiun. Telah meninggal dunia Rais Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. MA. Sahal Mahfudz pada Jumat (24/1) dini hari pukul 01.05 WIB. Kiai yang akrab disapa Mbah Sahal itu menghembuskan nafas terakhir di kediamannya, kompleks pesantren Mathali’ul Falah, Kajen, Pati, Jawa Tengah.

Kabar itu diungkapkan sekretaris pribadi Kiai Sahal, Muhammad Najib seperti dikutip dari NU Online. Rencananya, jenazah Kiai kharismatik ini dimakamkan di Kompleks Pesantren Mathali’ul Falah pada Jumat pagi, pukul 9.00 WIB.

Kiai Sahal Mahfudz yang juga Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) lahir di Pati, 17 Desember 1937 silam. Sejak tahun 1963, Kiai Sahal memimpin Pondok Pesantren Maslakul Huda di Kajen Margoyoso, Pati, Jateng peninggalan ayahnya, KH Mahfudz Salam.

Kiai kharismatik yang disegani di dalam dan di luar negeri ini telah menghasilkan puluhan ribu alumni. Karena kealimannya, Kiai Sahal selalu dilibatkan dalam proses penetapan hukum Islam baik soal klasik maupun kontemporer.

Semoga Mbah Sahal khusnul khatimah dan Allah senantianya melimpahkan rahmat kepadanya, menerima amal ibadahnya, dan menempatkannya di sisi terbaik-Nya. Lahul Fatihah... (ks/mkd/mkd)

Tags:

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua