Nasional

Rakernas Kemenag 2019 Usung Moderasi Beragama untuk Kebersamaan Umat

(foto: rusdi)

(foto: rusdi)

Jakarta (Kemenag)-- Kementerian Agama mengelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2019. Dibuka Menag Lukman Hakim Saifuddin, Rakernasmengusung tema "Moderasi Beragama untuk Kebersamaan Umat".

Rakernas akan berlangsung tiga hari, 23 - 25 Januari di Hotel Shangri-La Jakarta Pusat. Hadir dalam acara ini, 300 peserta dari unsur pimpinan satuan kerja Kementerian Agama di tingkat pusat dan daerah.

"Tema ini sesuai dengan HAB Kemenag ke-73 yang sudah menjadi Resolusi 2019 bagi ASN Kemenag yaitu menjadi perangkai, penjalin, dan perajut tenun kebangsaan kita yang bhinneka. Setiap ASN Kementerian Agama haruslah menjadi teladan dalam kesederhanaan, kejujuran, dan keikhlasan memberikan amal bakti bagi segenap warga negara tercinta," kata Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan dalam laporannya, di Jakarta, Rabu (23/01).

"Setiap ASN Kementerian Agama harus mampu menunjukkan nilai kinerja yang baik, kepemimpinan yang amanah, dan memberi kemudahan kepada masyarakat luas, untuk memperoleh akses pelayanan keagamaan secara akuntabel dan berkualitas," sambung Nur Kholis.

Menurut Sekjen, dalam situasi politik saat ini di mana kebhinekaan masyarakat Indonesia sangat rentan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang ingin memecah persatuan dan kesatuan bangsa, moderasi dalam beragama amat penting dikedepankan untuk menyikapi keragaman.

Moderasi beragama adalah bagaimana agama disikapi dan dipahami pada tataran esensi serta substansinya. Sebab, semua agama itu mengajarkan ajaran yang moderat. Tidak ada agama yang mengajarkan kepada umatnya untuk bertindak ekstrem atau di luar batas.

Sejalan dengan hal tersebut, lanjut Sekjen, Rakernas kali ini juga menjadi ajang merespon dinamika kebangsaan yang sedang terjadi saat ini. "Tahun 2019, komitmen Kementerian Agama adalah fokus bekerja dan tanpa hentinya menghasilkan inovasi," tandas Sekjen.

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua