Rapa'i Geleng MAN 1 Banda Aceh Kembali Raih Juara Nasional

Aceh (Kemenag) --- Pandemi dan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidak menyurutkan semangat siswa MAN 1 Banda Aceh untuk terus kreatif dan berprestasi. Hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilan mereka meraih juara pada dua event yang diselenggarakan selama Agustus ini.

Rapa'i Geleng adalah sebuah tarian etnis Aceh yang berasal dari wilayah Aceh Bagian Selatan tepatnya Manggeng, yang sekarang masuk kawasan Kabupaten Aceh Barat Daya.

Dalam ajang FESyar (Festival Ekonomi Syariah) 2021 yang dilaksanakan 10-15 Agustus 2021, Rapa’i Geleng Sanggar Pocut Baren MAN 1 Banda Aceh meraih juara 1 tingkat provinsi yang dilaksanakan secara daring. Para peserta melakukan rekaman video dan kemudian video tersebut dikirimkan kepada panitia. 

FESyar sendiri merupakan sebuah festival yang berskala nasional. Setelah berhasil meraih juara 1, tim ini ikut perlombaan tingkat Sumatera dan Riau melalui live YouTube. MAN 1 Banda Aceh yang mewakili provinsi Aceh berhasil meraih juara 2. 

Selain FESyar, MAN 1 Banda Aceh juga ikut serta dalam ajang Creative Labs. Creative Labs sendiri merupakan sebuah akun media sosial yang menaungi berbagai macam kreatifitas anak muda dengan mengedepankan penggunaan teknologi, seperti content creator, animator, fotografi, dan sebagainya. Dalam ajang ini, Rapa’i Geleng MAN 1 Banda Aceh berhasil meraih juara Harapan 1. 

Kepala MAN 1 Banda Aceh, Nursiah mengapresiasi semangat dan prestasi anak didiknya. “Prestasi ini sangat membanggakan. Kami menginginkan para siswa-siswi MAN 1 Banda Aceh dapat berprestasi dalam berbagai ajang perlombaan, termasuk dalam pertunjukan seni. Sanggar Seni Pocut Baren dan Rapa’i Gelengnya adalah satu kesatuan, sehingga tak bisa terpisahkan. Semoga ini menjadi pemacu semangat anak-anak untuk mencintai kesenian daerahnya,” harapnya. 

Ia dan seluruh keluarga besar MAN 1 Banda Aceh berharap agar Sanggar Seni Pocut Baren, di bawah bimbingan Novira Hanum, dapat menjadi wadah kreatif para siswa yang menjunjung tinggi budaya bangsa. Sehingga, mereka bisa terus semangat untuk mempertahankan kearifan lokal dan budaya melalui pertunjukan seni.