Resmikan Gedung Serbaguna IAKN, Wamenag: Kemenag Terus Perluas Akses Pendidikan Keagamaan

Palangkaraya (Kemenag) --- Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan Kementerian Agama terus berikhtiar memperluas akses Pendidikan Keagamaan.

"Ikhtiar ini diikuti dengan peningkatan mutu yang merujuk pada Nawacita yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015 - 2019," ujar Wamenag saat meresmikan alih status Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) di Palangkaraya, Selasa (15/3/2022).

Dikatakan Wamenag, RPJMN tersebut mengamanatkan peningkatan kualitas hidup, revolusi karakter bangsa, peningkatakan produktifitas rakyat dan daya saing di pasar internasional, serta memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.

"Sosok tokoh agama, pendeta, tuan guru yang menguasai ilmu-ilmu agama dengan baik, berpandangan terbuka, moderat dan damai masih sangat dibutuhkan," terangnya.

Lebih lanjut, menurut Wamenag, tantangan problematika umat bukan semakin ringan, tapi semakin beragam dan semakin berat. Untuk itu, IAKN Palangkaraya dan PTKN lainnya harus terus mengawal program penguatan Moderasi Beragama demi mempertahankan Indonesia yang rukun dan damai.

"Pengarusutamaan Moderasi Beragama setidaknya dilandasi oleh tiga hal, pertama kehadiran agama untuk menjaga martabat manusia dengan pesan rahmah (kasih sayang)," terang Wamenag.

Kedua, kata Wamenag, pemahaman bahwa pemikiran keagamaan bersifat historis sementara realitas terus bergerak secara dinamis sehingga kontekstualisasi adalah keniscayaan, tidak terjebak pada teks yang melahirkan cara beragama ekslusif. "Ketiga, kita memiliki tanggung jawab untik menjaga NKRI dari siapa saja yang merongrong kehormatannya," pungkas Wamenag.