Ridvan Said, Siswa MTsN 9 Bantul Juara II Nasional PCSC 2022

Bantul (Kemenag) --- Namanya Ridvan Said. Siswa kelas VIII B MTsN 9 Bantul ini meraih Juara II Nasional Prisma Cendekia Science Competition (PCSC) 2022 bidang IPA tingkat SMP/MTs sederajat.

Kompetisi ini digelar secara online pada Senin (14/02/2022) dan diikuti ribuan peserta dari seluruh Indonesia. Nama Ridvan bersanding dengan Hasna Ramadhani Hafidhoh kelas VIII A yang menduduki Juara III Nasional di bidang yang sama.

Prisma Cendekia Science Competition (PCSC) 2022 merupakan program yang diselenggarakan oleh Yayasan Konde Cut Nyak Dien Sumedang bekerja sama dengan Prisma Cendekia Foundation. Kompetisi ini bertujuan memupuk semangat para siswa SMA/MA/SMK sederajat dan SMP/MTs sederajat di seluruh Indonesia untuk tetap berprestasi meski di tengah pandemi Covid-19. Even ini juga menjadi sarana meningkatkan kapasitas kemampuan untuk terus belajar dan mengasah kemampuan yang dimiliki oleh para siswa sekarang.

Kepala MTsN 9 Bantul Nur Hasanah Rahmawati menjelaskan bahwa Ridvan Said  merupakan salah satu siswi di Kelas Unggulan Akedemik MTsN 9 Bantul. Kelas tersebut berisi siswa-siswi yang mempunyai keunggulan di bidang akademik. Selain itu, pada kelas tersebut juga mempunyai kurikulum yang berbeda dengan kelas regular.

"Kelas Unggulan Akademik mendapatkan jam belajar Matematika dan IPA satu jam lebih banyak dibandingkan kelas regular," ujarnya di Bantul, Rabu (16/2/2022).

Atik, sapaan akrab Kepala MTsN 9 Bantul ini, menegaskan, siswa-siswi di kelas unggulan memang disiapkan untuk mengikuti berbagai perlombaan akademik. “Siswa-siswi yang unggul di bidang akademik sudah kami siapkan sejak kelas VII, salah satunya Ridvan Said yang meraih Juara II Nasional ini,” papar Atik.

Ditemui terpisah, Ridvan Said mengatakan, meski perlombaan berlangsung secara daring, ia tetap memegang teguh kejujuran. Menurutnya, kejujuran adalah kunci kesuksesan.

“Saya mengerjakan soal-soal dalam lomba ini dengan jujur, sebisa saya,” tuturnya.

“Sebab, kejujuran adalah kunci sukses,” imbuhnya. (and)