Riset Transporter With IoT Berbasis Kamera MAN 1 Banyuwangi Raih Penghargaan dari Hongkong

Banyuwangi (Kemenag) --- Tim Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banyuwangi mengukir prestasi pada Kompetisi Global Youth Science Technology Bowl  2021 Hongkong. Ajang ini berlangsung sejak 19 Juni 2021. 

Selain Indonesia, kompetisi ini diikuti utusan dari 24 negara, antara lain: Brazil, Meksiko, US, Korsel, Hongkong, dan Qatar. Karena pandemi, kompetisi dilakukan secara daring. 

Tim MAN 1 Banyuwangi beranggotakan Muhsinul Wafa, Hendika Putra, Meyriza Widya Pranata, Dinda Rima Rachcita Putri. Menurut Kepala MAN 1 Banyuwangi Saeroji, siswanya memperoleh dua penghargaan dari kompetisi physics engineering yang diikuti.

“Penghargaan yang diperoleh adalah Honorable Mention. Yaitu, penghargaan atas partisipasi dan upaya luar biasa yang dilakukan dalam menyelesaikan penelitian rekayasa/robotika, dan penghargaan untuk kategori Visitor's Favorite Award dengan perolehan skor tertinggi,” terang Saeroji di Banyuwangi, Jumat (3/9/2021).

Dalam kompetisi ini, lanjut Saeroji, para siswanya secara daring memaparkan hasil penelitiannya di ruang virtual yang juga disaksikan dewan juri. Mereka meneliti tentang pengembangan robot pemindah barang dengan judul “Transporter With Internet of Things (IoT) Based Camera.”

“Riset kami termasuk ke dalam penelitian pengembangan rekayasa perangkat keras untuk prototype transporter. Kami ikut dalam kategori lomba physical engineering,” papara Muhsinul Wafa mewakili timnya.

Menurutnya, dalam melakukan riset, tim MAN 1 Banyuwangi didampingi Teguh Prasetio selaku pembina Ekskul Robotika dan Kelompok Ilmiah Remaja.