Daerah

Ro'an Toleransi, Upaya Masyarakat Rembang Bangun Harmoni Umat

Ro'an Toleransi

Ro'an Toleransi

Rembang (Kemenag) --- Penduduk Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang punya cara tersendiri untuk merawat harmoni. Mereka menggelar kerja bakti bertajuk Ro'an Toleransi.

Giat ini berlangsung pada Minggu, 13 Fabruari 2022. Ro'an toleransi adalah kerja bakti membersihkan lingkungan oleh warga dari berbagai agama. Acara ini diinisiasi oleh Pondok Pesantren Kauman Lasem yang diasuh KH Zaim Ahmad Ma’shoem.

Penduduk Desa Karangturi memang beragam, baik etnis dan agama. Tak hanya penduduk muslim, penduduk Desa Karangturi terdiri atas etnis Jawa, Tionghoa dan Arab serta agama Islam, Kristen, Katolik, dan Khonghucu.

KH Zaim Ahmad bersama istri Ny. Hj. Durrotun Nafisah selaku Pengasuh Ponpes Kauman, mencoba merangkul semua warga tanpa membeda-bedakan agama dan etnis.

“Salah satu upayanya yaitu dengan mengadakan kegiatan roan toleransi, yaitu kerja bakti membersihkan lingkungan oleh semua warga sekitar,” kata Pengurus Ponpes Kauman, Akhmad Sayuti ketika diwawancarai di Rembang, Selasa (15/2/2022).

Sayuti mengatakan, ro'an toleransi ini sudah menjadi kegiatan Ponpes Kauman dengan melibatkan seluruh santri dan warga sekitar yang multi agama. Ponpes Kauman yang terletak di kawasan Pecinan Lasem ini mengadakan kegiatan ro'an toleransi setiap tahun.

“Terkadang kalau ada momentum juga diadakan ro'an toleransi. Terakhir pada 13 Februari 2022 yang diadakan dalam rangka menyambut bulan Rajab dan Haul sesepuh Ponpes Kauman dan Ponpes Al-Hidayat Lasem,” terang Sayuti.

Sayuti menambahkan, ro'an toleransi ini bertujuan untuk menjaga hubungan yang baik dengan tetangga. Sebagaimana salah satu slogan pesantren Kauman Lasem, yaitu menghormati dan membahagiakan tetangga.

“Tujuan kegiatan ro'an toleransi ini adalah untuk membentuk karakter sosial santri, tolong menolong dan kerjasama dengan masyarakat sekitar, tanpa membeda-bedakan suku, etnis dan agama,” pungkas Sayuti. (iq)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua