Nasional

Rumah Moderasi Beragama Hadir di IAIN Sultan Amai Gorontalo

Gorontalo (Kemenag) --- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo kini memiliki Rumah Moderasi Beragama (Rumah MB). Kehadiran Rumah MB ini diresmikan oleh

Sekjen Kemenag Nizar di Ruang Rektorat IAIN Gorontalo. Bersamaan itu, diresmikan juga sejumlah Sarana dan Prasarana Pendidikan IAIN Sultan Amai Gorontalo yang sudah selesai pembangunannya.

Kepada civitas akademika IAIN Gorontalo, Nizar mengingatkan tentang indikator moderasi beragama. Pertama, komitmen kebangsaan yang sejalan dengan prinsip-prinsip konstitusi dan UUD 1945. Kedua, toleransi, yakni menghormati perbedaan, menghargai kesetaraan, dan sedia bekerjasama. Ketiga, anti kekerasan, yakni menolak tindakan seseorang atau kelompok yang menggunakan kekerasan atas nama apapun. Keempat, penerimaan terhadap tradisi, ramah terhadap tradisi dan budaya lokal dalam perilaku keagamaan sejauh tidak bertentangan dengan pokok ajaran agama.

“Moderasi Beragama merupakan salah satu program penting karena bersentuhan langsung dengan konteks negara Indonesia yang plural. Bagaimana negara melindungi semua warga negaranya dari tindakan yang mengarah pada bentuk kekerasan fisik maupun psikis,” pesan Nizar di Gorontalo, Jumat (19/3/2021).

Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Lahaji, menyampaikan bahwa moderasi beragama bukanlah hal baru bagi masyarakat Indonesia. Menurutnya, moderasi beragama sudah menjadi modal sosial masyarakat Indonesia sejak lama sehingga mereka bisa hidup rukun dalam perbedaan.

“Moderasi beragama merupakan komitmen bersama yang menjadi kewajiban masyarakat agar menjadi cara pandang beragama yang wasathiyah (jalan tengah) dan tawazun (seimbang), agar sejalan dengan kondisi masyarakat Indonesia yang majemuk,” tuturnya.

Ketua Panitia Launching Rumah Moderasi Beragama dan Peresmian Sarana dan Prasarana IAIN Sultan Amai Gorontalo, Ahmad Faisal, menambahkan bahwa pengarusutamaan moderasi beragama melalui Rumah MB di IAIN Sultan Amai Gorontalo bukan lagi pilihan tapi sudah merupakan kewajiban. Sebab, salah satu kontribusi penting Rumah MB IAIN Sultan Amai Gorontalo adalah menghidupkan nilai-nilai keislaman yang inklusif, toleran, dan rahmatan lil alamin (menjadi rahmat bagi semua umat).

Ahmad Faisal menambahkan bahwa IAIN Sultan Amai Gorontalo saat ini sedang dalam tahap pengembangan berbagai sarana dan prasarana sebagai dukungan terhadap kemajuan lembaga.

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua