Nasional

Salim: Penghafal Alquran dan Imam Mesjid Quba' pertama dari Non-Arab

Salim adalah salah satu dari 10 orang mantan budak yang berpengaruh di zaman Rasulullah. Beliau ditunjuk sebagai "maha gurunya hafizd Qur'an" dan imam Masjid Quba'.

Salim dimerdekakan oleh sahabat Rasulullah, bernama Abu Hudzaifah. Tidak ada yang tahu siapa kedua orang tua Salim, sehingga beliau lebih dikenal dengan panggilan Salim Maula Abi Huzdaifah.

Asal-usulnya gelap tidak seperti sahabat-sahabat Rasulullah lainnya yang punya kisah masa lalu yang suram. Sebut saja sahabat Zaid dan Bilal, sekalipun pernah menjadi budak tapi karena asal-usulnya ketahuan, maka setelah dimerdekakan disebut Zaid bin Haritash serta Bilal bi Rabah. Oleh sebab itu, Salim setelah dimerdekakan dan masuk Islam hanya menyertakan nama tokoh yang menyelamatkannya, yakni Abu Hudzaifah.

Dari ciri-ciri fisiknya, Salim Maula Abi Hudzaifah dikenali bukan sebagai orang Arab. Tapi beliau tergolong cerdas dan kuat ingatannya. Beliau adalah hafidz pertama dari bangsa ajam (non-Arab). Bukan itu saja, beliau tergolong sangat fasih melantunkan ayat-ayat Alquran. Bakat yang dimilikinya itu membuat Rasulullah Saw sangat menyayanginya dan mempercayainya.

Rasulullah Saw suatu saat pernah berpesan kepada para sahabat: "Ambillah (riwayat dan cara baca) Alquran dari empat orang: Abdullah bin Mas'ud, Salim Maula Abi Hudzaifah, Ubai bin Kaab, dan Muazd bin Jabal. Prinsip Rasulullah, "Tak penting dari mana asal-usulnya yang penting berkualitas (taqwanya)".

Prinsip ini juga dijalankan Abu Hudzaifah. Mantan budaknya itu dinikahkan dengan ponakannya sendiri yaitu Fatimah binti al-Walid bin Utbah. Sehingga dalam keluarga Abu Hudzaifah lengkap sudah berkumpul orang-orang penghafal Alquran, yang dijamin masing-masing akan membawa 10 tiket masuk surga.

Semua orang yang mengenal Salim Maula Abi Hudzaifah selalu mengelu-elukannya. Para sahabat menyebutnya "Salim orang sholeh". Tak ketinggalan Rasulullah memujinya dengan berkata: "Alhamdulillah, Dia menciptakan dari sekian umatku orang sepertimu".

Salim Maula Hudzaifah dipercaya Rasulullah menjadi imam mesjid Quba'. Sedangkan beliau sendiri menjadi imam mesjid Nabawi.

M. Ishom el-Saha (Dosen UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten)

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua