Daerah

Sambut HAB ke-77, Ratusan  Anak Lintas Agama  Ikut Khitanan Massal di Palangka Raya

Khitanan masal dalam rangka HAB ke-77 di Palangka Raya

Khitanan masal dalam rangka HAB ke-77 di Palangka Raya

Palangka Raya (Kemenag) --- Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palangka Raya menggelar khitanan massal dalam rangka menyambut Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 Kemenag. Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Kemenag Kota Palangka Raya diikuti 115 anak lintas agama.

“Untuk peserta tidak kita batasi yang beragama Islam saja, yang non muslim juga kami perbolehkan mendaftar yang penting betul-betul dari keluarga tidak mampu,” ucap Kepala Kemenag Kota Palangka Raya H. Nur Widiantoro, di Palangka Raya, Rabu (21/12/2022).

Ia mengatakan khitanan massal gratis bagi anak keluarga tidak mampu rutin dilaksanakan Kemenag Kota Palangka Raya saat momentum perayaan HAB. Sesuai tema HAB ke-77, yakni Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat, kegiatan ini diharapkan Widiantoro dapat meningkatkan kepedulian antar umat beragama.

"Di momentum HAB ini juga, kami bersama beberapa mitra kita ingin terjun memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat pasca pandemi Covid-19 agar tidak terlalu merasa terbebani dalam mengkhitankan anak-anaknya," ujar Widiantoro.

"Ini penting karena khitan itu merupakan ikhtiar kita menjaga kesehatan/kebersihan organ reproduksi anak-anak kita,” imbuhnya.

Khitanan massal ini terselenggara atas kerja sama Kemenag Kota Palangka Raya dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palangka Raya, Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 12.04.02 Palangka Raya. Hadir membuka kegiatan tersebut Plt Asisten III Kota Palangka Raya, Harry Maihadi.

Sementara, Koordinator Baksos dan Khitanan Massal HAB ke-77 Kemenag Kota Palangka Raya Rahmat Fauzi menambahkan, selain dikhitan secara gratis, peserta juga mendapatkan sarung, peci/kopiah, obat-obatan dan tas serta peralatan sekolah dari beberapa sponsor.

“Alhamdulillah tahun ini kita dapat dukungan dari beberapa mitra seperti Pegadaian Syariah Kebun Bunga Banjarmasin, Bank Syariah Indonesia, Bank Kalteng, Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan beberapa lembaga lain,” ucap Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Kota Palangka Raya ini. (Fauzi)


Editor: Indah
Fotografer: Istimewa

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua