Sarat Pengalaman, Rektor Minta Amrun Akselerasi Regulasi Tatakelola IAIN Takengon

Takengon (Kemenag) --- Amrun Saleh telah dilantik Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebagai Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Gajah Putih Takengon.

Amrun sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gayo Lues. Di masa kepemimpinannya, Kemenag Gayo Lues didaulat sebagai Satuan kerja (satker) terbaik berdasarkan indikator kinerja pelaksanaan anggaran (IKPA) se Provinsi Aceh tahun 2021.

Rektor IAIN Takengon Zulkarnain berharap pengalaman birokrasi Amrun Saleh akan memperkuat tata kelola kampus. Karenanya, Zulkarnain berharap Amrun bisa melakukan akselerasi, utamanya dalam penyiapan regulasi.

"Perpres tentang IAIN Takengon sudah ada. Peraturan Menteri Agama (PMA) tentang Ortaker, serta PMA Statuta IAIN Takengon juga sudah ada. Ini menjadi pedoman bersama dalam mengembangkan kampus," jelas Zulkarnain dalam temu ramah tamah civitas akademika dengan Amrun Saleh selaku Kepala Biro yang baru, Selasa (10/5/2022).

Pertemuan berlangsung di gedung rektorat IAIN Takengon. Hadir, Kepala Kankemenag Aceh Tengah dan Bener Meriah, Dewan Penyantun, serta perwakilan pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

"Semoga segera dituntaskan turunan PMA Ortaker dan PMA Statuta menjadi peraturan Rektor. Ada sekitar 23 peraturan Rektor yang harus segera disusun. Semoga segera terwujud dan kita bersama sama jalankan tatakola dengan baik," harap Zulkarnain.

Rektor IAIN Takengon menyampaikan terimakasih kepada Menteri Agama yang telah melantik Amrun Saleh sebagai Kepala Biro. Menurutnya, Amrun adalah salah satu putra Gayo yang memiliki karir gemilang. Dalam kesempatan itu, Rektor juga  memperkenalkan sejumlah pejabat, analis dan pelaksana yang bertugas di IAIN Takengon.

Amrun Saleh menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat civitas akademika IAIN Takengon. Amrun, panggilan akrabnya, berbagi cerita tentang riwayat pekerjaannya sebagai birokrat Kementerian Agama. Amrun pernah bertugas di beberapa kabupaten, antara lain sebagai Kepala Madrasah dan Kepala Kankemenag. 

"Alhamdulillah saya dipercaya Bapak menteri bertugas di lembaga ini sebagai Kepala Biro. Tentu IAIN Takengon tidak asing bagi saya," sebutnya. 

"Saya mohon dukungan dan kerja sama dalam menjalankan tugas ini," harapnya.