SBSN 2020, Jateng Miliki 26 Gedung Baru Madrasah dan KUA

Solo (Kemenag) --- Kementerian Agama terus berupaya meningkatkan pelayanan sarana dan prasarana (Sarpras) di bidang pendidikan keagaman Islam dan layanan keagamaan.

Hal ini dibuktikan dengan bertumbuhnya gedung-gedung baru madrasah serta Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) di sejumlah daerah yang dibangun melalui skema Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) melalui skema SBSN tahun 2020, Kementerian Agama telah membangun puluhan gedung baru madrasah serta Balai Nikah dan Manasik Haji KUA.

Sarpras madrasah yang dibangun melalui skema SBSN 2020 di Jateng dengan total anggaran Rp. 88.288.955.000, - dan pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji KUA. Rp. 16.278.000.000, -.

Peresmian dan penggunaan gedung baru yang dibangun malalui skema SBSN tahun 2020 tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Penandatanganan prasasti secara simbolis ini bersamaan dengan gelaran pembinaan ASN Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam dan pendidikan madrasah se Jawa Tengah yang berlangsung di Kota Solo.

Dalam arahannya, Menag Yaqut Cholil meminta segenap ASN Kemenag untuk terus berinovasi dan berkreativitas dalam bekerja serta menjauhi perilaku korupsi.

"Kementerian ini menyandang kata agama. Jadi kita tidak bisa bermain-main dengan agama terutama dalam bekerja. Nafas dari Kementerian ini adalah agama dengan melayani umat beragama. Jauhi perilaku korupsi," kata Menag, Sabtu (6/3/2021).

Menag mengatakan Kementerian Agama sebagai institusi memiliki peran sangat luas, ibarat memegang meja yang tepiannya tidak terlihat, saking luasnya.

"Semua urusan ada di Kemenag termasuk soal halal dan haram. Terkait KUA kita akan melakukan revitalisasi sehingga KUA itu tidak hanya melayani umat muslim melainkan seluruh umat beragama. Para penyuluh juga akan diberdayakan dalam kampanye Moderasi Bergama," kata Menag. 

"Saya berharap ke depan gedung-gedung yang dibangun dengan arsitektur yang berbeda tidak monoton dengan bentuk dan arsitektur gedung yang hampir sama dengan semua daerah, termasuk warnanya," sambung Menag.

Hadir dalam gelaran pembinaan ASN Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam dan pendidikan madrasah se Jawa Tengah, sejumlah pejabat Kemenag pusat, Kakanwil  KemenagJateng, para kakankemenag, guru madrasah, penyuluh agama dan keluarga besar ASN Kemenag Jateng lainnya.

Berikut sarpras pendidikan Islam serta Balai Nikah dan Manasik Haji di Jateng yang dibangun melalui skema SBSN 2020:

1.Gedung Asrama Madrasah Aliyah Negeri Temanggung

2.Gedung Asrama Terpadu MAN 2 Kudus 3.Gedung Workshop Madrasah Aliyah Negeri Kendal

4.Gedung asrama putri terpadu MTsN 1 Kota Semarang

5.Gedung asrama siswa terpadu Madrasah Aliyah Negeri Purworejo

6.Laboratotium Terpadu MAN 1 Jepara 7.Laboratorium terpadu MTS Negeri 1 Kota Semarang

8.Gedung Asrama MTsN 1 Kebumen 

9.Gedung asrama MTS Negeri 2 Grobogan 10.Gedung rkb MTS Negeri 7 Kebumen 11.Gedung Mess guru Man Insan Cendekia Kota Pekalongan

12.Gedung Asrama Terpadu MTs Negeri 5 Rembang gedung asrama putri Nurul Hikam 13.Gedung workshop pembelajaran terpadu MAN 1 Tegal

14.Asrama MAN 1 Karanganyar

15.Gedung pusat pembelajaran terpadu MAN 1 Surakarta

16.Gedung Balai  Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Kertek Wonosobo

17.Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Musuk Boyolali 18.Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Laweyan Kota Surakarta.

19. Balai Nikah dan manasik haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Dukuhseti Pati

20.Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Sruweng

21.Gedung Balai Nikah dan manasik haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Blora 1

22.Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Kaliangkrik Magelang

23.Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Kota Kudus 24.Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Kecamatan Weru Sukoharjo

25 Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal

26.Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Bantar Bolang Pemalang.