Internasional

SBSN dan Prestasi Internasional MAN 1 Pekanbaru

Pekanbaru (Kemenag) --- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pekanbaru merupakan institusi pendidikan pertama di bawah Kementerian Agama yang didirikan di Provinsi Riau. Kepala MAN 1 Pekanbaru Marzuki mengatakan, madrasah ini didirikan pada 1978 dengan nama Sekolah Persiapan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sutan Syarif Qasim (Susqa) Pekanbaru. Saat itu, alumni madrasah yang beralamat di di Jalan Pelajar (KH. Ahmad Dahlan) ini memang dipersiapkan untuk melanjutkan pendidikannya ke IAIN SUSQA.

Tahun 1980, nama sekolah ini berubah menjadi MAN Pekanbaru. Dua tahun berselang, dibangunlah gedung baru di kawasan Jalan Bandeng No. 51 A, Kelurahan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru. Tahun 1990, seiring berubahnya status PGAN Pekanbaru menjadi MAN, maka MAN Pekanbaru ditetapkan menjadi MAN 1 Pekanbaru.

Madrasah ini terus berkembang, fasilitasnya semakin lengkap. Tahun 2018, MAN 1 Pekanbaru mendapat bantuan dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) untuk membangun gedung Asrama Putra dan Asrama Putri. Setahun berselang, MAN 1 Pekanbaru kembali mendapatkan bantuan SBSN untuk membangun gedung Laboratorium.

“Madrasah ini dikelola dalam format pendidikan yang seimbang antara pentingnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang diselaraskan dengan pengembangan Iman dan Takwa (IMTAK). Ini sesuai visi menjadikan MAN 1 Pekanbaru sebagai madrasah aliyah yang Islami, berteknologi, dan bertaraf internasional, dengan lingkungan madrasah yang hijau, asri, teduh, dan indah,” ujar Marzuki di Pekanbaru, Kamis (17/12).

“Salah satu unggulan MAN 1 Pekanbaru adalah Program Jurusan Agama. Siswanya diasramakan dengan tujuan memberikan pelayanan persiapan untuk belajar ke Timur Tengah,” sambungnya.

MAN 1 Pekanbaru juga dikelola berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Sejak 2018, penilaian dan pembelajaran sudah berbasis android. Karenanya, saat pandemi sekarang ini, MAN 1 Pekanbaru sudah terbiasa dengan pembelajaran berbasis Internet.

"Bantuan SBSN sangat tepat sasaran serta menjadi motivasi dan peningkatan keunggulan kemampuan imtak dan iptek siswa-siswi dan guru di MAN 1 Pekanbaru," terang Marzuki.

Kelengkapan sarana dan prasarana, ditambah pembelajaran bermutu menggiring para siswa MAN 1 Pekanbaru untuk menorehkan banyak prestasi, baik di kancah nasional maupun internasional. Bahkan, tahun ini, di tengah pandemi, siswa MAN 1 Pekanbaru meraih empat prestasi internasional di bidang robotik, yaitu: dua medali emas, dua medali perunggu pada ajang World Robotic For Peace 2020.

“Tahun ini, siswa MAN 1 Pekanbaru juga mendapat Medali Perak pada Astronomy and Astrophysics Competition (IAAC Space) tingkat Internasional,” jelasnya.

Lulusan MAN 1 Pekanbaru kini tidak hanya melanjutkan ke UIN Susqa. Untuk lulusan tahun 2019-2020 misalnya, sebanyak 91% dari 344 siswa diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta (PTS). Lulusan MAN 1 Pekanbaru tembus masuk Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Insititut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya dan Universitas Pendidikan Indonesia.

“Saya rasa ini bagian tidak terpisahkan dari kualitas pembelajaran dan kelengkapan sarana. Sebagai sebuah program, bantuan SBSN tepat sasaran dalam ikut mengoptimalkan prestasi generasi penerus bangsa,” tandasnya.

Berikut deret prestasi siswa MAN 1 Pekanbaru:
1. Medali Emas Line Follower pada World Robotic For Peace 2020,
2. Medali Emas Battle Line pada World Robotic For Peace 2020, Tingkat Internasional
3. Medali Perunggu Soccer Close pada World Robotic For Peace 2020 Tingkat Internasional
4. Medali Perunggu Maze Solving World Robotic For Peace 2020 Tingkat Internasional
5. Medali Perak pada Astronomy and Astrophysics Competition (IAAC) Tingkat Internasional (IAAC Space)

6. Medali Emas Cabang Biologi pada BSC-POSI Tingkat Nasional (Kemendikbud, 2020)
7. Medali Perunggu Cabang Biologi pada BSC-POSI Tingkat Nasional (Kemendikbud, 2020)
8. Medali Emas Cabang Ekonomi pada BSC-POSI Tingkat Nasional (Kemendikbud, 2020)
9. Medali Perak Cabang Ekonomi pada BSC-POSI Tingkat Nasional (Kemendikbud, 2020)
10. Juara II Pidato Daring Putra pada MTQ MAN IC Kalimantan Barat Tingkat Nasional (Kemenag, 2020)

11. Medali Emas Bidang Fisika pada Science Competition Expo Sumatra Utara Tingkat Nasional (Kemendikbud, 2020)
12. Medali Perak Bidang Astronomi pada Science Competition Expo Sumatra Utara Tingkat Nasional (Kemendikbud, 2020)
13. Juara harapan 1 MTQ Putri Tingkat Nasional (Kemenag, 2020)
14. Medali Emas cabang Ekonomi pada KSMO-POSI 2020 Tingkat Nasional (Kemendikbud, 2020)
15. Medali Emas cabang Geografi pada KSMO-POSI 2020 Tingkat Nasional (Kemendikbud, 2020)

16. Medali Perak cabang Kimia pada KSMO-POSI 2020 Tingkat Nasional (Kemendikbud, 2020)
17. Medali Perak cabang Matematika pada KSMO-POSI 2020 Tingkat Nasional (Kemendikbud, 2020)
18. Medali Perak cabang Biologi pada KSMO-POSI 2020 Tingkat Nasional (Kemendikbud, 2020)
19. Medali Perunggu cabang Fisika pada KSMO-POSI 2020 Tingkat Nasional (Kemendikbud, 2020)
20. Juara 2 Lomba LKTI pada PRISMA 2.0 Univ. Andalas Tingkat Nasional (Kemendikbud, 2020)

21. Medali Emas cabang Ekonomi pada MOC Educamp Tingkat Nasional ( Kemendikbud, 2020)
22. Finalis Tim Robotik pada Madrasah Robotic Competition Tingkat Nasional (Kemenag, 2020)

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua